nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Basaria dan Laode Syarief Pede Jalani Tes Psikologi Capim KPK

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 09:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 28 337 2084551 basaria-dan-laode-syarief-pede-jalani-tes-psikologi-capim-kpk-rFJZw4dEyp.jpg Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dan Basaria Panjaitan (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan percaya diri alias pede saat akan menjalani tes psikologi calon pimpinan lembaga anti-rasuah periode 2019-2023 di Pusdiklat Kemensetneg, pada hari ini. Dia mengaku tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti tes psikologi.

"‎Enggak ada persiapan khusus. Grogi juga enggak, ini bukan yang pertama buat kita,"‎ kata Basaria di Pusdiklat Kemensetneg, Jalan Gaharu 1, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019).

Baca Juga: Capim KPK yang Absen Tes Psikologi Dipastikan Gugur 

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan okezone heru haryono

Menurut Basaria, dirinya sudah terbiasa menjalani tes psikologi. Sebab, kata dia, proses seleksi seperti saat ini sering dirasakan di lembaga ant‎irasuah. "Tes psikologi hal biasa dan sering diadakan juga di KPK juga. ‎Setiap kita naik pangkat seperti jadi direktur atau apa kan selalu pakai aasesement," ucapnya.

Lebih lanjut, Basaria sangat optimis bisa lolos dalam tahapan tes psikologi. Dia mengaku sudah memantapkan diri sejak pertama kali mendaftarkan diri kembali sebagai pimpinan KPK.

"Optimis dari awal kita harus. Kita sudah pertimbangkan dulu, kalau ragu jangan melangkah," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh rekan Basaria, Laode M Syarief. Syarief mengaku tidak mempersiapkan kekhususan saat akan menjalani tes psikologi.‎ Sebab, tes tersebut sudah pernah dilaluinya saat mengikuti seleksi sebagai pimpinan KPK jilid IV.

‎"Enggak ada persiapan khusus. Biasa saja, kan sudah pernah dulu. Psikotes itu tidak usah dipelajari, dijawab saja secara jujur," kata Syarief di lokasi yang sama sama.

Baca Juga: 384 Orang Mendaftar Jadi Calon Pimpinan KPK

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini