nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY-Jokowi Bertemu pada Agustus, Diprediksi Bahas Sikap Demokrat

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 08:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 28 337 2084541 sby-jokowi-bertemu-pada-agustus-diprediksi-bahas-sikap-demokrat-dMxGXhohyk.jpg SBY dan Jokowi. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, menilai pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Joko Widodo yang dikabarkan berlangsung pada awal Agustus mendatang untuk membahas sikap politik Partai Demokrat.

"Ketika Pak SBY ingin bertemu Jokowi, itu sesuatu yang positif saja. Bisa jadi sedang memikirkan apakah Demokrat masuk pemerintahan atau tidak," ujar Ujang ketika berbincang dengan Okezone, Sabtu 27 Juli 2019.

Baca juga: SBY Berencana Ketemu Jokowi Awal Agustus 

"Karena di bulan September nanti Demokrat akan mengadakan rapimnas yang akan menentukan arah koalisi. Apakah akan bergabung dengan Jokowi atau tidak," lanjutnya.

Jokowi dan SBY. (Foto: Ist)

Ujang memprediksi Demokrat akan lebih mendapat keuntungan jikalau berkoalisi dengan pemerintah, atau tidak memihak mana pun dibandingkan menjadi oposisi.

"Karena Demokrat itu biasanya tidak bisa masuk oposisi, paling enggak dia akan bermain di tengah. Dia main aman," ungkapnya.

Baca juga: Prabowo Temui Rachmawati Dinilai Bagian Komunikasi dengan Keluarga Besar Soekarno 

Lebih lanjut Ujang menjelaskan alasan Demokrat harus berkoalisi dengan pemerintah dikarenakan ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digadang-gadang sedang dipersiapkan untuk masuk bursa Pilpres 2024.

"Karena ada 'golden boy' AHY yang sedang dipersiapkan, bisa jadi ingin masuk koalisi, tapi apa yang diberikan kepada Demokrat? Kalau menteri, menteri apa? Itu menjadi hal yang penting. Kemungkinan besar akan membicarakan arah koalisi, arah kursi, dan lain-lain," terangnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini