nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertemuan Prabowo-Megawati Jawab Konflik Sosial Pasca Pemilu 2019

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 12:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 27 337 2084312 pertemuan-prabowo-megawati-jawab-konflik-sosial-pasca-pemilu-2019-014ETs69fA.jpg Diskusi Trijaya FM (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono berharap tak ada lagi perpecahan di masyarakat usai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melangsungkan pertemuan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, tak dapat dipungkiri bila perhelatan Pilpres 2019 cukup menimbulkan konflik sosial di masyarakat. Sehingga, semangat merajut kembali persatuan Indonesia harus digagas oleh seluruh elite politik Tanah Air.

"Semangat rekonsisliasi dan kebersamaan harus dibangun karena pemilu 2019 membelah masyarakat, pemilih, dan pendukung jadi dua belah kubu dan cenderung melahirkan konflik sosial di dalam masyarakat," kata Ferry dalam diskusi MNC Trijaya bertajuk 'Utak-Atik Manuver Elite' di Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

Polemik

Baca Juga: PDIP Tegaskan Hubungan Megawati-Surya Paloh Berlangsung Baik

Ferry menilai langkah yang dilakukan oleh Prabowo dengan bertemu Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan dilanjutkan makan nasi goreng bersama Megawati merupakan suatu upaya mewujudkan persatuan yang sebelumnya sempat terbelah.

"Inisiatif ini bagi kami penting untuk melanjutkan semangat rekonsoliasai, semangat kebersamaan yang sudah sangat simbolik dilakukan ketika Prabowo ketemu dengan Jokowi di MRT," ujarnya.

Ferry merasa geram bila ada pihak-pihak yang menuding kalau langkah itu diistilahkan sebagai bagi-bagi kekuasaan. Menurutnya, ada hal yang lebih besar dari sekedar jatah kursi kabinet yaitu persatuan bangsa Indonesia.

"Jadi kalau ini semangatnya bisa direkatkan oleh pimpinan bisa diteladani oleh masyarakat jadi aneh kalau ada yang menganggap inisiatif rekonsiliasi ini malah disederhanakan menjadi soal bagi-bagi kursi," kata Ferry.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini