Peristiwa 27 Juli: Perang Korea Berakhir hingga Tragedi Kudatuli di Kantor PDI

Sarah Hutagaol, Okezone · Sabtu 27 Juli 2019 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 27 337 2084249 peristiwa-27-juli-perang-korea-berakhir-hingga-tragedi-kudatuli-di-kantor-pdi-eWnMftU7js.jpg Kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi setiap hari, termasuk pada tanggal 27 Juli. Okezone pun coba merangkum beberapa momen yang pada hari ini, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Sabtu (27/7/2019).

1953 – Berakhirnya Perang Korea

Perang Korea berakhir pada 27 Juli 1953 setelah Amerika Serikat (AS), China, dan Korea Utara (Korut) menandatangani persetujuan gencatan senjata.

Sayangnya ketika itu Presiden Korsel Syngman Rhee menolak menandatangani perjanjian tersebut. Kendati demikian, Syngman Rhee berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata itu.

1996 – "Sabtu Kelabu" di Kantor PDI

Selain disebut kerusuhan Sabtu Kelabu, peristiwa yang terjadi pada 27 Juli 1996 tersebut juga sering disebut Tragedi Kudatuli atau akronim dari Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli.

Peristiwa ini terjadi dikarenakan adanya pengambilalihan secara paksa Kantor DPP PDI di kawasan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, yang saat itu dikuasai Megawati Soekarnoputri.

Penyerbuan terjadi oleh massa pendukung Soerjadi (ketua umum versi Kongres PDI di Medan) serta dibantu aparat dari kepolisian dan TNI.

Melalui kejadian itu, beberapa gedung dan kendaraan terbakar serta dikabarkan memakan korban jiwa yang sampai saat ini belum bisa dipastikan jumlahnya.

Namun saat itu pemerintah menuduh aktivis PRD sebagai penggerak kerusuhan. Pemerintahan Orde Baru kemudian memburu dan menjebloskan para aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) ke penjara, salah satunya Budiman Sudjatmiko yang mendapat hukuman terberat selama 13 tahun penjara.

2012 – Pembukaan Olimpiade London

Olimpiade London 2012 resmi dibuka pada 27 Juli di Kota London, Inggris Raya. Pergelaran itu pun dilangsungkan hingga 12 Agustus 2012.

London terpilih sebagai kota penyelenggara pada 6 Juli 2005 dalam Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskow, New York, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini