Tanggapi Usulan Prabowo soal Jaksa Agung, TKN: Jokowi Punya Pilihan Terbaik

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 26 Juli 2019 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 26 337 2084067 tanggapi-ususlan-prabowo-soal-jaksa-agung-tkn-jokowi-punya-pilihan-terbaik-BUcWfUaTvS.jpg Wakil Ketua TKN, Arsul Sani

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK), Arsul Sani, mengatakan figur yang mengisi jabatan Jaksa Agung ke depan akan ditentukan oleh Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif. Ia yakin Kepala Negara mempunyai pilihan terbaik untuk mengisi jabatan tersebut.

Hal tersebut dikatakan Arsul Sani untuk menanggapi usulan Ketum Gerindra Prabowo Subianto kepada Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar Jaksa Agung ke depan diisi figur berintegritas dan progresif.

"Kan kalau soal Jaksa Agung itu bagian dari kabinet ya kita serahkan ke Pak Jokowi. Pak Jokowi tentu punya pilihan terbaik," kata Arsul di Resto Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Prabowo dan Megawati

Figur yang baik itu bisa dari kader partai dan non-partai. Jika non-partai, bisa dari internal maupun internal. Namun demikian ia tidak mau mendahului Jokowi selaku pemegang hak prerogatif. Siapapun, lanjut Arsul, boleh usul ke Jokowi.

"Kita nggak boleh mendahului yang punya hak prerogatif. Tapi siapapun boleh usul dong tentu kepada presiden. Jangankan parpol elemen masyarakat sipil saja boleh usul, boleh berharap misalnya Jaksa Agung seperti apa, Menkum HAM ke depan seperti apa. Itu boleh-boleh saja," kata Arsul.

Sebelumnya, politikus Gerindra Andy Rahmad Wijaya mengatakan, pada saat bertemu Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Prabowo memberikan masukan untuk pemerintahan ke depan. Salah satunya di bidang penegakan hukum.

Baca Juga: TKN Dibubarkan, Jokowi: Pemilu Sudah Selesai!

Baca Juga: KPK Tangkap Bupati Kudus

Pada sektor tersebut, Prabowo meminta jaksa agung diisi figur yang berintegritas dan memiliki visi progresif. Hal itu menjadi salah satu usulan yang disampaikan Prabowo ke Megawati kemarin.

"Pak Prabowo meminta jaksa agung adalah orang yang berintegritas dan punya visi penegakan hukum yang progresif," kata Ketua DPP Partai Gerindra Andy Rahmad Wijaya saat dikonfirmasi Okezone, Kamis 25 Juli 2019.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini