nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Novel Diseret ke Kongres AS, Ini Tanggapan Polri

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 16:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 26 337 2083992 kasus-novel-diseret-ke-kongres-as-ini-tanggapan-polri-SnxASD0W5G.JPG Novel Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Kasus penyiraman air keras penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan diseret ke Kongres Amerika Serikat (AS), oleh Amnesty International Indonesia. Polri pun memberikan tanggapan sebagai leading sector penyidikan perkara ini.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra menyatakan, pihaknya masih terus melanjutkan proses-proses penyidikan terkait dengan hasil rekomendasi tim investigasi pakar beberapa waktu lalu.

"Pada prinsipnya Polri bekerja secara profesional atas apa yang disampaikan oleh pemerintah dan juga masyarakat mungkin jadi semua motivasi kita untuk bekerja lebih keras untuk mengusut kasus ini," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Rocky Gerung: Pengungkapan Kasus Novel Baswedan Dibuat Rumit

Ia pun belum dapat berkomentar apakah tepat permasalahan yang menimpa Novel dibawa ke forum Internasional.

Novel Baswedan

Asep hanya menegaskan, saat ini Polri sangat serius menangani kasus Novel. Ia pun membantah anggapan bahwa Polri tidak mempunyai kemauan untuk mengungkap kasus ini.

"Ada pendapat kalau ini seolah-olah persoalan 'kemauan', saya kira tidak, kemauan Polri untuk mengungkap perkara itu sangat kuat dibuktikan tadi bahwa satgas juga atau tim pencari fakta kita berada disana, atas rekomendasi komnas ham, dan tim teknis sekarang pun akan kembali bekerja," papar Asep.

Baca juga: Moeldoko Akui Kasus Novel Baswedan Bukan Perkara Mudah

Atas dasar tersebut, Asep mengatakan bahwa hal tersebut menjadi kesungguhan dan keseriusan Polri untuk segera mengungkap kasus yang sudah bergulir sejak tahun 2017 ini.

"Jadi tidak benar kalau kita tidak punya kemauan untuk itu," ucapnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini