nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disetujui DPR, TKN Yakin Jokowi Segera Keluarkan Amnesti untuk Baiq Nuril

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 10:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 26 337 2083781 disetujui-dpr-tkn-yakin-jokowi-segera-keluarkan-amnesti-untuk-baiq-nuril-4fk0xBK00P.jpg Baiq Nuril. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yakin Presiden Jokowi akan segera mengeluarkan amnesti untuk korban pelecehan seksual yang terjerat UU ITE, Baiq Nuril Maknun. Apalagi DPR sudah menyetujui pemberian amnesti ini.

“Ya kita tunggu saja, enggak lama lagi, pertimbangannya sudah beres semua, DPR sudah oke, publik udah oke, Pak Jokowi pasti ikut itu, Jadi (amnesti-red) pasti akan keluar sebentar lagi,” kata Juru Bicara TKN, Arya Sinulingga kepada wartawan, Jumat (26/7/2019).

Presiden, kata politikus Perindo itu, sudah bisa mengeluarkan amnesti setelah mendapat persetujuan DPR. Setelah itu Baiq Nuril sudah bisa bebas dari jeratan hukum yang membelenggunya.

“Jadi Pak Jokowi akan mengeluarkan amnesti secepatnya nih, saya sangat yakin dengan itu,” kata Arya.

Arya Sinulingga (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

DPR RI menyetujui amnesti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Baiq Nuril Maknun. Hal itu disepakati saat Rapat Paripurna XXIII Masa Sidang V Tahun 2018–2019 yang berlangsung Kamis 25 Juli 2019.

Kasus Baiq Nuril bermula kala dirinya dilaporkan oleh Kepala SMA 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), bernama Muslim ke polisi atas tuduhan mentransmisikan rekaman elektronik berisi konten asusila. Dia diketahui melakukan perekaman perbincangan atasannya itu untuk menghindari pelecehan yang dilakukan oleh pimpinannya.


Baca Juga : DPR Setujui Amnesti dari Jokowi untuk Baiq Nuril

Baiq Nuril lantas dianggap bersalah karena telah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena dinilai merekam dan menyebarkan percakapan yang bermuatan asusila atasannya itu. Atas hal itu, dirinya terancam menjalani hukuman penjara selama enam bulan dan denda sebesar Rp500 juta.


Baca Juga : Sambil Terharu, Baiq Nuril Ucapkan Terima Kasih Amnestinya Disetujui DPR

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini