nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Setujui Amnesti dari Jokowi untuk Baiq Nuril

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 13:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 25 337 2083434 dpr-setujui-amnesti-dari-jokowi-untuk-baiq-nuril-zMxiuNfutJ.jpg Rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – DPR RI menyetujui amnesti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Baiq Nuril Maknun. Hal itu disepakati saat Rapat Paripurna XXIII Masa Sidang V Tahun 2018–2019 yang berlangsung hari ini, Kamis (25/7/2019).

Sebelum disahkan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Erma Suryani Ranik menyampaikan laporan hasil rapat pleno terkait sejumlah pertimbangan dalam pemberian amnesti atau pengampunan untuk Baiq Nuril.

Baca juga: DPR Gelar Rapat Paripurna, Salah Satunya Bahas Amnesti Baiq Nuril 

Dalam hal ini, kata Erma, pihaknya telah memerhatikan peristiwa hukum tersebut, baik dari pengadilan hingga penolakan peninjauan kembali (PK) oleh Mahkamah Agung (MA).

Baiq Nuril Maknun bersama sejumlah tokoh. (Foto: Okezone)

Ia mengatakan, Komisi III juga mempertimbangkan aspirasi keadilan masyarakat yang luas. Menurut dia, Baiq Nuril justru menjadi korban, dan apa dilakukan merupakan bentuk perlindungi diri dari kekerasan psikologis.

Baca juga: Baiq Nuril Menangis di Depan Komisi III Berharap Dapat Keadilan 

"Rapat pleno menghadirkan Baiq Nuril untuk didengarkan keterangannya. Kemudian pada 24 Juli, Komisi III sudah melakukan raker dengan Menkumham untuk dengarkan keterangan pemerintah untuk amnesti Baiq Nuril Maknun," ucap Erma dalam rapat paripurna.

"Lalu diambil keputusan, kami sampaikan, Komisi III dengan mengedepankan prinsip musyawarah mufakat secara aklamasi menyatakan menyetujui untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden Indonesia agar Saudari Baiq Nuril Maknun dapat diberikan amnesti. Bulat 10 fraksi setuju secara aklamasi," tambahnya.

Erma juga mengucapkan terima kasih kepada para aktivis perempuan yang sudah memberikan bantuan terhadap kasus Baiq Nuril.

"Semoga akan jadi tonggak bersejarah terhadap perlindungan hak perempuan ke depan," tambahnya.

Baca juga: Baiq Nuril Ingin DPR Berikan 'Hadiah' untuk Anaknya 

Setelah pemaparan laporan itu, rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto menanyakan pertimbangan amnesti tersebut apakah akan diberikan DPR atau tidak.

Baiq Nuril Maknun. (Foto: AFP)

"Sekarang perkenankan saya tanyakan kepada dewan sidang terhormat, apakah laporan Komisi III DPR RI tentang pertimbangan atas pemberian amnesti terhadap Baiq Nuril Maknun dapat disetujui?" tanya Utut.

Baca juga: Komisi III Dengarkan Pandangan Seluruh Fraksi Soal Amnesti Baiq Nuril 

Serempak anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna menjawab "setuju". Mereka tampak kompak dalam sidang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini