nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertemuan 4 Ketum Parpol Tanpa PDIP, NasDem: Megawati Diundang tapi Tak Datang

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 25 337 2083265 pertemuan-4-ketum-parpol-tanpa-pdip-nasdem-megawati-diundang-tapi-tak-datang-3pRFqJhXNH.jpg Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago (Foto: Okezone)

JAKARTA - Empat ketua umum partai politik pengusung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yaitu NasDem, PPP, Golkar dan PKB melangsungkan pertemuan pada Senin 22 Juli 2019 lalu. Namun, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak ikut dalam acara yang berlangsung di DPP NasDem itu.

Ketua DPP Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago menyatakan, sebetulnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah diundang untuk hadir dalam acara itu. Lantaran sedang mempunyai kegiatan, akhirnya Megawati atau pun perwakilan tak bisa datang.

“Pertemuan kemarin PDIP diundang, tetapi saat itu PDIP sedang sibuk konferda dan konfercap. Jadi tidak bisa hadir,” kata Irma kepada Okezone di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca Juga: Ini Alasan Megawati Tak Ikut Pertemuan 4 Ketum Parpol

Megawati sendiri sudah memberikan penjelasan ihwal ia tak bisa hadir dalam pertemuan para ketua umum partai politik. Dikarenakan posisinya sedang di luar negeri atau di luar daerah untuk mengahdiri rapat kerja daerah dan cabang menjelang kongres partainya.

Megawati

Meski tak dihadiri PDIP, Irma menegaskan, perbincangan keempat ketua umum partai politik tak keluar jalur alias lobi-lobi politik. Menurutnya, perbincangan mereka sebatas soliditas partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf.

“Pertemuan itu hanya bicara soal soliditas parpol koalisi kok,” tegas Irma.

Diwartakan sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebutkan, pertemuannya dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tidak membicarakan kabinet maupun komposisi pimpinan MPR.

"Pokoknya, tadi hanya kekeluargaan dan menjaga kebersamaan soliditas partai-partai koalisi," kata pria yang akrab disapa Cak Imin.

Baca Juga: Soal Kandidat Menteri Jokowi, TKN Utamakan Koalisi yang Solid

Megawati sendiri mengakui kalau dirinya sedang berada di luar negeri sehingga tidak dapat mengikuti pertemuan tersebut.

"Saya memang sedang ada di luar negeri pada waktu itu, atau di luar daerah, karena kami memang sekarang sedang menghadapi rapat kerja daerah, rapat kerja cabang untuk penyelenggaraan kongres PDIP yang akan diadakan pada tanggal 8 sampai 11 Agustus," kata Megawati.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini