nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Siapkan Bukti untuk KY Usut Putusan Kasasi Syafruddin Temenggung

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 09:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 24 337 2082844 kpk-siapkan-bukti-untuk-ky-usut-putusan-kasasi-syafruddin-temenggung-s4nxa0rhvK.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Komisi Yudisial (KY) untuk mengusut dugaan pelanggaran dua hakim Mahkamah Agung (MA) yang memutus kasasi mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung. KPK akan menyiapkan dokumen hingga bukti-bukti terkait perkara Syafruddin Arsyad Temenggung.

Demikian diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah untuk menanggapi laporan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi terhadap ‎dua hakim Mahkamah Agung (MA) yakni Syamsul Rakan Chaniago dan Mohamad Askin ke KY.

Baca juga: Dua Hakim Agung Dilaporkan ke KY Terkait Putusan Kasasi Syafruddin Temenggung 

"KPK akan membantu Komisi Yudisial jika ada informasi-informasi yang dibutuhkan atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan atau bukti-bukti lain yang dibutuhkan secara paralel," kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (24/7/2019).

Syafruddin Arsyad Temenggung. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Ia melanjutkan, KPK juga terbuka untuk berkoordinasi dengan Badan Pengawasan MA terkait dugaan pelanggaran dua hakim agung ‎yang memutus lepas Syafruddin Arsyad Temenggung. Sebab dalam putusan tersebut terdapat perbedaan pendapat (dissenting opinion) antara tiga hakim yang mengadili.

"Kita juga terbuka untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Badan Pengawasan Mahkamah Agung jika memang ada kebutuhan tersebut," terang Febri.

Baca juga: KPK Siapkan Langkah untuk Sjamsul Nursalim dan Istri, Jemput Paksa atau In Absentia

Dia mengatakan, hingga kini KPK belum menerima salinan putusan lengkap kasasi Syafruddin Temenggung dari MA. Febri berharap berkas tersebut dapat segera dikirim oleh MA ke KPK.

"Semoga dalam waktu tidak terlalu lama ya kita bisa mendapatkan putusan itu agar langkah lebih lanjut, langkah yang lebih konkret, upaya hukum terhadap putusan kasasi ini bisa segera diambil," ungkap Febri.

‎Sebagaimana diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan upaya hukum kasasi yang diajukan Syafruddin Arsyad Temenggung terkait perkara dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) terhadap obligor Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

Baca juga: Sjamsul Nursalim dan Istrinya Mangkir Pemeriksaan KPK 

Majelis hakim melepas segala tuntutan yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ‎KPK. Hakim juga meminta Syafruddin dibebaskan dari penjara KPK dan memulihkan hak serta martabat mantan kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) tersebut.

Syafruddin Arsyad Temenggung. (Foto: Antara)

Vonis kasasi Syafruddin diputus oleh Ketua Majelis Hakim Salman Luthan dan dua anggota majelisnya yakni Syamsul Rakan Chaniago serta Mohamad Askin. Namun, terdapat perbedaan pendapat dalam putusan tersebut.

Baca juga: KPK Pampang Surat Panggilan Sjamsul Nursalim dan Istri di KBRI Singapura 

Perbedaan pendapat putusan terjadi antara Ketua Majelis Hakim dengan dua anggotanya. Ketua Majelis Salman sepakat dengan putusan di tingkat banding. Sementara dua anggotanya menyatakan bahwa perbuatan Syafruddin bukan tindak pidana‎.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini