3 Komisioner Petahana Lolos Uji Kompetensi Capim KPK

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 23 Juli 2019 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 23 337 2082302 3-komisioner-petahana-lolos-uji-kompetensi-capim-kpk-Cv0Xr9ejFu.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Para komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) petahana, yakni Alexander Marwata, Basaria Panjaitan, serta Laode M Syarif lolos dalam seleksi uji kompetensi. Selain mereka, ada delapan orang lainnya yang berasal dari internal KPK juga lolos, dengan total ada 11 capin yang merupakan "orang dalam".

Kesebelas orang itu akan mengikuti tes psikologi pada Minggu, 28 Juli 2019 di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan.

Selain para komisioner petahana, delapan orang lainnya adalah Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan; Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi KPK, Sujanarko.

Kemudian, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono; Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK, Chandra Sulistio Reksoprodjo; Direktur Gratifikasi KPK, Syarif Hidayat.

Selanjutnya, Wakil Ketua 2 WP KPK, Harun Al Rasyid; Koordinator Wilayah VI Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK, Asep Rahmat Suwandha; serta Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK wilayah Jawa Tengah, Muhammad Najib Wahito.

"Pansel telah mengumumkan tes kompetensi ada 104 orang (yang lolos). 11 di antaranya adalah calon dari internal KPK. 1 orang gugur, dan 3 calon pimpinan KPK lulus tetap lanjut," kata Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin 22 Juli 2019.

Ilustrasi

Sekadar informasi, selain 11 unsur internal KPK, ada 9 anggota Polri yang juga lolos dalam tahapan seleksi uji kompetensiā€Ž. Kesembilan anggota Polri tersebut ialah Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum (Karosunluhkum) Divisi Hukum Polri Brigjen Agung Makbul; Wakil Kabareskrim Polri Irjen Antam Novambar.

Kemudian, Dosen Sespim Polri, Brigjen Bambang Sri Herwanto; Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Irjen Dharma Pongrekun; Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Firli Bahuri; Staf Ahli Kapolri Irjen, Ike Edwin.

Baca Juga: Kepergian Mendag ke Tiongkok Bukan Hindari Proses Hukum di KPK

Baca Juga: Kapal Pengangkut 488 Sapi dan 300 Kambing Tenggelam di Selat Karimata

Selanjutnya, Analis Kebijakan Utama Lemdiklat, Brigjen Juansih; Kabag Ren Rorenim Baharkam Polri, Kombes Kharles Simanjuntak; dan Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Sri Handayani.

Berdasarkan lampiran nama 104 capim KPK yang lolos uji kompetensi, terdapat tiga nama anggota Tim Strategi Nasional (Stranas) Pencegahan Korupsi. Ketiganya yakni Dedi Haryadi, Fridolin Berek, dan Hayidrali.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini