nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuasa Hukum Kivlan Zen Ajukan Surat Penangguhan Penahanan ke Menhan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 16:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 337 2082082 kuasa-hukum-kivlan-zen-ajukan-surat-penangguhan-penahanan-ke-menhan-aTdM0zemoN.jpg Kivlan Zen. (Foto: M Rizky/Okezone)

JAKARTA - Kuasa hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta Singarimbun mengajukan penangguhan penahanan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Ia meminta agar kliennya itu mendapat penangguhan seperti yang dilakukan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Itu harapan kami, karena Pak Luhut saja memberikan jaminan pada yang lain. Pak Ryamirzad ini mantan Pangkostrad, artinya Pak Kivlan ini Kastaf, artinya satu institusi," kata Tonin, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Menurut Tonin, keliru jika kliennya itu tak mendapat penangguhan penahanan karena dinilai tidak kooperatif. "Kalau memang ada sekarang ketentuan tidak kooperatif membuat orang ditolak penangguhannya berarti ini ada penemuan pasal baru. Karena dasarnya kan tiga untuk ditolak yakni melarikan diri, mengulang lagi, dan menyerahkan barang bukti. Enggak ada tidak kooperatif," paparnya.

Kivlan Zen.

Adapun surat permintaan pemberian jaminan penangguhan penahanan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu terhadap Kivlan tercatat bernomor 17/TPHKZ-ARS/RR/0719.

Dalam surat tersebut, kuasa hukum Kivlan juga memohon bantuan Ryamizard untuk mengkomunikasikan dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan memberikan surat penjaminan guna membebaskan kliennya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini