nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dear Milenial, Ini Hukum Berkurban saat Idul Adha Menurut MUI

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 20 337 2081274 dear-milenial-ini-hukum-berkurban-saat-idul-adha-menurut-mui-3D4DbDayKq.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban akan jatuh pada bulan Agustus. Lalu bagaimana hukum berkurban bagi umat Islam?

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis menjelaskan jika mayoritas Ulama menilai berkurban hukumnya sunah muakkadah atau sangat dianjurkan.

"Hukum berkurban itu mayoritas ulama menyebutnya adalah sunah muakkadah sangat dianjurkan. Tetapi kalau Imam Abu Hanifah menganjurkan wajib," kata Cholil saat berbicang dengan Okezone belum lama ini.

Cholil menambahkan kebanyakan ulama menilai berkurban adalah sunnah muakkadah, yang berarti tidak kurban, tidak apa-apa. Meskipun, Mazhab Abu Hanifah menyatakan bahwa kurban diwajibkan bagi orang yang mampu.

Lipsus Hewan Kurban

"Tetapi yang roji hukumnya sunah, karena kalo wajib itu kalo enggak dilaksanakan berdosa, kalo dilaksanakan dapat pahala. Sementara kalo sunah kalo dilaksanakan dapat pahala kalo ditinggalkan juga gapapa," terangnya.

Cholil menambahkan syarat seseorang yang disunahkan berkurban adalah mempunyai kemampuan. Dalam arti, ia memiliki uang tunai yang melimpah, maka wajib untuk berkurban.

"Artinya memiliki untuk membayar, karena selebihnya dari yang dia makan. Apakah sapi, kambing, domba, kerbau atau unta," jelas Cholil.

"Kemudian tidak dalam keadaan menggantung kepada orang lain seperti menggadaikan. Itu tidak boleh," tambahnya

Kemudian di dalam berkurban, Cholil mengingatkan jikamana satu kambing diperbolehkan atas satu nama pribadi atau keluarga. Jika sapi, maksimal atas tujuh orang nama. Tak lupa hewan kurban tersebut harus dalam keadaan yang sehat.

"Harus baik. Tidak seperti pincang. Syaratnya untuk yang dikurbankan," tutup Cholil.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini