nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Cegah Staf Romahurmuziy Bepergian ke Luar Negeri

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 21:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 19 337 2081222 kpk-cegah-staf-romahurmuziy-bepergian-ke-luar-negeri-mkahaEwYfW.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan surat ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham untuk melakukan pencegahan terhadap Amin Nuryadi selaku Staf dari eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

"KPK telah mengirimkan surat ke Imigrasi tentang permintaan pelarangan ke luar negeri terhadap seorang saksi bernama Amin Nuryadi, Staf RMY (Romahurmuziy) selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 29 Juni 2019," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dikantornya, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Pencegahan ini dilakukan diduga kuat terkait dengan proses penyidikan kasus dugaan jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) yang menjerat Romi.

"Pencegahan ke luar negeri ini diperlukan agar sewaktu-waktu saksi dibutuhkan keterangannya, yang bersangkutan sedang tidak berada di luar negeri," ujar Febri.

Romahurmuziy

Baca Juga: Pemerintah Akan Ajukan PK Terkait Kebakaran Hutan di Kalimantan

Romi ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin. ‎Keduanya diduga sebagai pemberi suap terhadap Romi.

Dalam perkara ini, Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin diduga telah menyuap Romi untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Adapun, Muhammad Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris, mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

Untuk memuluskan proses seleksi jabatan tersebut, ‎Muafaq dan Haris mendatangi kediaman Romi dan menyerahkan uang sebesar Rp250 juta pada 6 Februari 2019, sesuai dengan komitmen sebelumnya. Saat itu, KPK menduga telah terjadi pemberian suap tahap pertama.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini