nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Raih Penghargaan Provinsi Peduli Anak dari KPAI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 20:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 19 337 2081209 pemprov-dki-raih-penghargaan-provinsi-peduli-anak-dari-kpai-90okMjENJv.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai salah satu provinsi peduli anak. 

Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menilai penghargaan itu diperoleh setelah adanya kerja keras dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Ini adalah penghargaan untuk seluruh keluarga besar Pemprov DKI yang bekerja keras untuk membangun sistem yang sekarang kita miliki. Jadi, komitmen kita terhadap peelindungan perempuan dan anak," kata Anies saat menerima penghargaan di Gedung iNews Center, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga: KPAI : 52 Anak Terlibat Aksi 21 & 22 Mei

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, pihaknya akan selalu menggiatkan program perlindungan terhadap anak dan perempuan.

"Alhamdulillah, pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak itu sudah berstandar dan unit reaksi cepat dengan layanan 24 jam juga berjalan dengan baik. Kita punya pos pengaduan dari 19 lokasi di seluruh Jakarta, ada rumah aman juga dan jakarta siaga, telpon 112, tahun lalu sudah tersambungkan dengan Polda," ujarnya.

Anies

Ia meminta kepada seluruh warga Ibu Kota untuk mengunduh aplikasi yang bernama Jakarta Aman. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa saling melindungi bila terjadi sesuatu di daerahnya.

"Kita berharap bagi masyarakat bisa mendownload aplikasi Jakarta Aman, sehingga kalau ada masalah bisa langsung melaporkan. Sehingga orang-orang terdekat bisa langsung mengetahui. Makin banyak yang gunakan aplikasi ini, maka makin berkurang tingkat kejahatan," kata dia.

Baca Juga: KPAI Desak Pemkot Pontianak Lakukan Rehabilitasi untuk Audrey hingga Tuntas

Sementara itu, Ketua KPAI Susanto menjelaskan, penilaian yang dilakukan oleh pihaknya melalui berbagai indikator. Sehingga, ia berharap kepada seluruh pihak yang mendapat penghargaan agar dapat meneruskan dan meningkatkan dalam hal melindungi anak dan perempuan.

"Tentu kita harapkan dari proses nominasi sekaligus menentukan pemenang ini benar-benar kredibel, benar-benar terukur dan proposional. Tentu ini juga bagian dari ikhtiar kita meyakinkan publik, bahwa banyak best practice oleh para penyelenggara negara," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini