nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Segera Kirimkan Salinan Putusan Kasus Karhutla ke Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 20:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 337 2081184 ma-segera-kirimkan-salinan-putusan-kasus-karhutla-ke-jokowi-wIuVl63Eag.jpg Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) segera menyerahkan salinan lengkap putusan kasasi tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalah dalam penanganannya.

Saat ini, putusan lengkap sedang dalam proses minutasi sebelum diserahkan ke pengadilan pertama agar putusan segera dilaksanakan.

"Sekarang masih dimunitasi karena baru putus dua hari yang lalu, Selasa kan. Itu akan dikirim segera ke pengadilan negeri pengaju dalam hal ini Pengadilan Negeri Palangkaraya. Oleh Pengadilan Negeri Palangkaraya nanti akan menyampaikan pada pihak-pihak yang berpekara," kata Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro di kantor MA, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga: Kasasi Jokowi soal Karhutla Ditolak MA, Ini Respons Istana 

Andi mengatakan, MA tidak ikut campur dalam proses eksekusi. Ia beralasan, eksekusi putusan berada di tangan penggugat.

 Jokowi

Nantinya, kata Andi, eksekusi putusan MA pun akan dilakukan sesuai dengan isi gugatan yang sudah dimenangkan penggugat berdasarkan putusan majelis hakim.

"Di dalam masalah ini, memang penggugatnya minta agar ditanggulangi lah bencana karena merupakan tanggung jawab dari pemerintah. Ini ada menerbitkan beberapa peraturan yg mendukung sehingga bencana yang terjadi bisa dihentikan. Karena ini minta pada negara seperti itu, terbitkan aturan, itu sudah diungkap aturan judex facti (pertimbangan fakta)," kata Andi.

"Karena majelis hakim kasasi hanya melihat apakah sudah benar sudah tepat menerapkan hukum. Menurut majelis hakim kasasi sudah tepat sudah benar," imbuh Andi.

Baca Juga: Kasasi Karhutla Ditolak, MA: Negara Wajib Melindungi Warganya 

Andi tidak merinci kapan waktu putusan lengkap akan diserahkan ke pengadilan asal untuk eksekusi putusan. Namun, ia menjamin putusan tersebut akan disampaikan dalam waktu singkat. "Diusahakan, nggak akan lama," kata Andi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini