nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Gunung Rinjani 'Bertopi' Awan Dikaitkan dengan Gempa, Ini Penjelasannya

Antara, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 13:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 337 2080975 fenomena-gunung-rinjani-bertopi-awan-dikaitkan-dengan-gempa-ini-penjelasannya-HYiV44PO5F.jpg (Foto: Antaranews)

JAKARTA - Pada Rabu 17 Juli 2019, terjadi fenomena awan yang berada di atas puncak Gunung Rinjani di Lombok dengan bentuk seperti topi dan banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Dalam sebuah unggahan di media sosial, fenomena tersebut kemudian ada yang mengaitkan dengan terjadinya gempa bumi, benarkah demikian?

Sebagaimana diberitakan Antaranews, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram Agus Rianto mengatakan fenomena puncak Gunung Rinjani tertutup awan yang melingkar seperti "bertopi" tak ada kaitannya dengan pertanda gempa yang terjadi akhir-akhir ini di Nusa Tenggara Barat.

Foto: Twitter

"Itu fenomena alam dari awan Lenticular,” ujarnya di Mataram.

Ia menegaskan, fenomena alam Lenticular tidak terkait atau tidak berkaitan dengan terjadinya gempa bumi. Adapun bila ada masyarakat yang mengaitkan fenomena alam Lenticular dengan akan terjadinya gempa adalah sebuah kesalahpahaman.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini