Buwas Berharap Jambore Pramuka di AS Tingkatkan Kemampuan Kontingen Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 19 Juli 2019 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 337 2080914 buwas-berharap-jambore-pramuka-di-as-tingkatkan-kemampuan-kontingen-indonesia-9RAoTJoU5t.jpg Ketua Kwanas Pramuka Budi Waseso alias Buwas (foto: KoranSindo)

JAKARTA - Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso (Buwas) berharap, jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat bisa membuka kunci kemampuan para kontingen Indonesia dalam menggali potensi kepemimpinan dirinya untuk bangsa dan negara.

"Jambore kepanduan dunia tahun ini mengambil tema, membuka kunci dunia. Tema ini diharapkan dapat menjadi penyemangat para peserta untuk membuka kunci kemampuan masing-masing sehingga kelak menjadi bekal bagi mereka di masa yang akan datang," kata Buwas di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga: Lepas Kontingen Pramuka, Jokowi: Timbalah Persahabatan dari Negara Lain 

Budi Waseso Dilantik Menjadi Ketua Kwartir Pramuka Gantikan Adhyaksa Dault

Buwas mengatakan, Pramuka Indonesia memberangkatkan 80 kontingen dari sekitar 25 juta anggota penegak dan pembina Pramuka di Tanah Air. "Mereka lah yang akan menjadi mata dan juru bicara gerakan Pramuka pada acara internasional ini," paparnya.

Mantan Kepala BNN itu menerangkan, acara Pramuka di negara Paman Sam itu akan berlangsung mulai 22 Juli sampai 2 Agustus 2019. Para kontingen Pramuka Indonesia itu teridiri dari 67 peserta yang berusia 16 tahun sampai 17 tahun, dan di tambah para pimpinan kontingen dan pembina pendamping.

"Mereka telah siap mengikuti jambore yang direncanakan akan dilepas landas dari Jakarta pada hari Sabtu 20 Juli," ujarnya.

Buwas menambahkan, kontingen Pramuka Indonesia akan bergabung bersama 45 ribu peserta dari lebih 150 negara. "Perkemahannya sendiri akan dilaksanakan di Smith Batel Resort, bumi perkemahan milik kepanduan Amerika Serikat yang berada dalam taman nasional di negara bagian Virginia barat," ucapnya.

Budi Waseso Dilantik Menjadi Ketua Kwartir Pramuka Gantikan Adhyaksa Dault

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini