Jokowi Lepas Kontingen Pramuka ke Jambore Dunia di Amerika

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 19 Juli 2019 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 337 2080890 jokowi-lepas-kontingen-pramuka-ke-jambore-dunia-di-amerika-P4ltGQ2IHb.jpg Presiden Jokowi melepas kontingen pramuka ke Jambore Dunia di Amerika Serikat. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat. Pelepasan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019) pagi.

Kepala Negara menilai kegiatan para tunas muda ini sangat positif karena dapat memberikan wawasan kepada para kontingen untuk membandingkan kegiatan-kegiatan kepanduan di Tanah Air.

"Dengan kegiatan-kegiatan kepanduan di negara lain, sehingga membuka wawasan, saya kira penting bagi anak-anak semuanya," tutur Jokowi.

Baca juga: Jokowi Lantik Buwas sebagai Ketua Kwarnas Pramuka 

Ia menerangkan bahwa para kontingen pramuka bukan hanya sebagai perwakilan organisasi Indonesia, tetapi juga duta bangsa dan negara.

Pramuka. (Foto: Okezone)

Para kontingen, lanjut Jokowi, dituntut membawa nama baik, citra, wajah, dan semangat keindonesiaan dalam Jambore Pramuka Dunia XXIV di Negeri Paman Sam.

"Dengan jumlah anggota gerakan Pramuka Indonesia yang mencapai 25 juta orang, dari kurang lebih 50 juta anggota kepanduan di seluruh dunia, itu berarti setengah anggota kepanduan berasal dari Indonesia," papar Jokowi.

Baca juga: Hary Tanoe, Megawati, SBY, hingga Bos Go-Jek Jadi Dewan Penasihat Gerakan Pramuka 

Dia juga menekankan agar pramuka Indonesia berperan aktif dalam aktivitas gerakan kepanduan dunia. Sebab sesuai slogannya, para pramuka menciptakan dunia yang lebih baik.

"Slogan yang sejalan dengan visi dan misi negara kita untuk membangun persaudaraan universal menciptakan dunia yang lebih baik, damai, dan berkeadilan sosial," tandasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini