Kemenkumham Hari Ini Cabut Laporan Terhadap Wali Kota Tangerang

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 19 Juli 2019 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 337 2080832 kemenkumham-hari-ini-cabut-laporan-terhadap-wali-kota-tangerang-J8hOdXRwJh.jpg Pertemuan Wali Kota Tangerang, Gubernur Banten, dan Kemenkumham di Kantor Kemendagri. (Foto: Dita Angga/Koran Sindo)

JAKARTA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) hari ini akan mencabut berkas ‎laporan terhadap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Polres Metro Kota Tangerang.

"Ya besok (hari ini) saya akan cabut laporannya. Kalau Polres Tangerang sudah buka, langsung akan saya cabut laporannya," kata Kepala Biro Humas Kemenkumham Bambang Wiyono kepada Okezone, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Perseteruan dengan Wali Kota Tangerang, Menteri Yasonna: Jangan Mentang-Mentang 

Ia mengamini bahwa pihaknya dengan Pemkot Tangerang, lebih tepatnya Wali Kota Arief Wismansyah, telah berdamai dari perseteruan. Maka itu, Kemenkumham dan Arief sama-sama sepakat mencabut laporan masing-masing di kepolisian.

"Ya kalau sudah bersepakat untuk berdamai, Pak Menteri bilang ya jangan berlarut-larut kalau sudah ada penyelesaiannya. Ini kan untuk kepentingan yang lebih besar, jadi pelayanan publik harus jalan," ungkap Bambang.

Menkumham Yasonna Laoly. (Foto: Okezone)

Kesepakatan berdamai antara Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dengan Kemenkumham terjadi setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan mediasi.‎ Kedua belah pihak berdamai dan berjanji melakukan pencabutan pelaporan di kepolisian.

Pertikaian antara Pemkot Tangerang dengan Kemenkumham ramai menjadi perbincangan publik setelah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly menyindir Wali Kota Arief Wismansyah saat meresmikan Politeknik BPSDM Hukum dan HAM.

Baca juga: Tanggapi Tindakan Wali Kota Tangerang, Mendagri: Putus Aliran Listrik & Air Ganggu Masyarakat! 

Pertikaian ditengarai permasalahan izin mendirikan bangunan (IMB) gedung yang sedang dibuat Kemenkumham tersebut. Tak hanya itu, ‎Pemkot Tangerang mengklaim tanah yang ditempati merupakan lahan pertanian milik mereka.

‎Buntut dari pertikaian tersebut, Kemenkumham dan pihak Pemkot Tangerang sama-sama melapor ke polisi. Bahkan, Pemkot Tangerang memutus penerangan jalan umum hingga pengangkutan sampah di Kompleks Kehakiman dan Pengayoman Tangerang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini