nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 18 Juli: Lahirnya Nelson Mandela dan Keberhasilan Mengidentifikasi Bentuk Galaksi Bima Sakti

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 07:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 18 337 2080362 peristiwa-18-juli-lahirnya-nelson-mandela-dan-keberhasilan-mengidentifikasi-bentuk-galaksi-bima-sakti-q3zRCKDCYs.jpg Nelson Mandela.

BERAGAM peristiwa terjadi pada 18 Juli. Salah satunya adalah pecahnya Pertempuran Alarcos di batas selatan Kerajaan Castilia (Spanyol) pada 1195. Di hari ke-199 dalam kalender gregorian ini, Presiden Afrika Selatan periode 1994-1999, Nelson Mandela, lahir pada 1918.

Okezone merangkum berbagai peristiwa yang terjadi pada 18 Juli yang dikutip dari Wikipedia.

64 - Kebakaran besar di Roma di luar kendali. Sementara Kaisar Romawi, Nero, dilaporkan memainkan sajaknya dan bernyanyi sambil menyaksikan lautan api tersebut dari jarak yang aman.

1195 - Pertempuran Alarcos, penguasa Almohad Abu Yusuf Ya'qub al Mansur mendapatkan kemenangan besar atas Raja Kastile Alfonso VIII.

Pertempuran Alarcos adalah pertempuran antara persekutuan antara Muwahidun (Almohad) pimpinan Khalifah Abu Yusuf Ya'qub Al-Mansur dengan beberapa kavaleri Kastilia pimpinan Pedro Fernández de Castro melawan Raja Kastilia Alfonso VIII. Perang ini terjadi di dekat Alarcos (Al-Arak dalam Bahasa Arab), di batas selatan Kerajaan Kastilia (Spanyol).

Dalam pertempuran ini pasukan Yaqub Al-Mansur berhasil mengalahkan Alfonso, dan tentara Kastilia berhasil dihancurkan. Menurut berbagai sumber korban di pihak Kastilia mencapai 250.000 orang, termasuk para kesatria, bangsawan dan uskup, sehingga pertempuran ini disebut Bencana Alarcos oleh pihak Kastilia dan Pertempuran Darah oleh pihak Muwahidun.

1785 - Bentuk Galaksi Bimasakti atau Milky Way diidentifikasi oleh William Herschel, astronom Inggris.

1830 - Uruguay menyusun konstitusi untuk pertama kalinya.

1857 - Louis Faidherbe, gubernur Prancis untuk Senegal, tiba di Kayes untuk membantu pasukan Prancis menghadapi perang melawan Umar Tall di Prancis dan berhasil memenangkannya.

1873 - Oscar II dari Swedia-Norwegia dinobatkan menjadi Raja Norwegia di Trondheim.

1898 - Marie dan Pierre Curie mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sejenis senyawa baru dan menamainya polonium.

1918 - Nelson Mandela, pejuang kemerdekaan dan mantan presiden Afrika Selatan lahir.

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

1925 - Adolf Hitler menerbitkan buku manifesto politiknya, Mein Kampf.

Mein Kampf ialah buku karya Adolf Hitler. Buku ini ditulis Hitler saat berada dalam penjara. Dalam buku ini, ia menggambarkan pandangannya atas Jerman masa depan. Ia juga menggambarkan rencana masa depannya untuk bangsa Yahudi.

Hitler

Saat ia naik ke puncak kekuasaan, pada 1933, ia mewujudkan beberapa isi buku itu, berakibat dalam Holocaust. Buku ini tersedia bebas di kantor-kantor sipil selama masa pemerintahan Nazi di Jerman. Setelah PD II, buku ini dianggap ilegal untuk dijual di Jerman dan Austria

1936 - Jenderal Francisco Franco dari Spanyol memberontak terhadap pemerintah republiknya dan memulai perang sipil Spanyol.

1944 - Jenderal Hideki Tōjō, Perdana Menteri Jepang pada masa Perang Dunia II mengundurkan diri karena kegagalannya memimpin Jepang dalam kancah perang.

Hideki Tojo adalah jenderal Jepang dan PM ke-40 Jepang (18 Oktober 1941-22 Juli 1944). Tojo ialah anggota klik tentara yang mendorong Jepang dalam perang di akhir 1930-an. Sebagai Menteri Perang pada 1940 ialah penolong dalam kepemimpinan Jepang dalam Blok Poros dengan Jerman Nazi dan Italia. Di antara keputusannya ialah izin persetujuan pemerintah dalam percobaan biologis terhadap para tawanan perang.

1953 - Bintang rock Elvis Presley membuat rekaman pertamanya di Sun Studios.

Elvis

1961 - Ikatan Pelajar Muhammadiyah didirikan pada tanggal 18 Juli di Surakarta

1974 - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional didirikan.

1977 - Vietnam bergabung dengan PBB.

1984 - Pembantaian McDonald's di San Ysidro, California: Dalam sebuah restoran cepat-saji, James Oliver Huberty menembak secara membabi buta, membunuh 21 orang dan melukai 19 lainnya sebelum akhirnya tewas ditembak polisi.

1992 - Sepuluh korban pembantaian La Cantuta menghilang dari universitas mereka di Lima.

1994 - Pengeboman AMIA: Sebuah ledakan di Buenos Aires menghancurkan sebuah gedung markas beberapa organisasi Yahudi, membunuh 85 orang dan melukai banyak lainnya.

1996 - Badai mengakibatkan terjadinya banjir di Sungai Saguenay, Quebec.

1997 - Delapan ribu orang dari kasta rendah di India berunjuk rasa di Mumbai (Bombai) sebagai bentuk protes atas peristiwa pembunuhan 10 anak-anak oleh polisi.

2003 - Jenazah peneliti untuk Irak, Dr. David Kelly ditemukan di sebuah hutan kecil dekat kediamannya di Oxfordshire. (qlh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini