nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggaran Negara Defisit, JK Minta Kepala Daerah Kurangi Perjalanan Dinas

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 17 337 2080180 anggaran-negara-defisit-jk-minta-kepala-daerah-kurangi-perjalanan-dinas-WW33xwwYGU.jpg Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta kepala daerah tidak banyak melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Pasalnya, anggaran negara saat ini sedang defisit. Dengan mengurangi intensitas perjalanan dinas, maka dapat membantu negara untuk menghemat anggarannya.

"Negara sekarang banyak defisitnya, tapi perlu dibantu untuk tidak banyak biaya perjalanan, biaya acara-acara," kata Kalla dalam acara Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) di Jakarta Convention Center(JCC), Rabu (17/7/2019).

Dengan banyaknya perjalanan dinas, pekerjaan kepala daerah menjadi kurang optimal. Karena itu, ia meminta kepada kementerian semisal membuat acara yang mengundang kepala daerah maka bisa menggabungnya jadi satu. Dengan begitu, kepala daerah tidak sering pergi ke luar kota.

"Memang bulan-bulan akhir terlalu banyak upacara ini. Minta maaf menggangu saudara bupati, gubernur, untuk tidak bekerja dengan optimal di daerah. Jadi sudah saya minta seperti dikatakan Mendagri, nanti digabung-gabung (acaranya). Jadi satu kali datang, lima acara sekaligus. Supaya biaya perjalanan bisa dihemat," terang Kalla.

Jusuf Kalla

Baca Juga: Viral Polantas Kebingungan Didebat Profesor Hukum, Warganet: Ambil Hikmahnya

Politikus senior Golkar itu mencontohkan, dalam acara Dewan Masjid Indonesia (DMI) tadi, isinya beragam acara dalam satu waktu. Antara lain halalbihalal, seminar, launching buku, dan lain sebagainya. Kebetulan JK merupakan Ketua Umum DMI. JK pun ingin kementerian membuat satu acara untuk banyak kegiatan supaya meringankan biaya negara, khususnya terkait biaya perjalanan dinas.

"Tadi saya menghadiri acara DMI, satu kali upacara lima sampai enam acaranya. Jadi gampang sekali beres 6 in 1," tandas dia.

(edi)

Berita Terkait

Jusuf Kalla

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini