nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Airlangga Akui Lobi KIK agar Golkar Dapat Kursi Ketua MPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 14:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 17 337 2080072 airlangga-akui-lobi-kik-agar-golkar-dapat-kursi-ketua-mpr-6Li3MAqYyk.jpg Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan sudah melakukan lobi politik untuk membahas kursi ketua MPR periode 2019-2024 dengan partai politik Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Apalagi, sudah ada beberapa partai yang sudah menyodorkan diri.

“Ya, itu sudah kita bahas dengan berbagai partai. Sudah (lobi-lobi),” kata Airlangga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Menurut Airlangga, partai politik yang tergabung dalam KIK memang tengah membahas formasi pimpinan MPR melalui sebuah paket yang mengacu pada Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

“Artinya, Koalisi Indonesia Kerja akan ada paket. Nah, kita mengurus paket itu,” ujar Airlangga.

Baca Juga: Cak Imin Sebut Posisi Pimpinan MPR Tertutup untuk Oposisi, Begini Reaksi PAN

Gedung MPR DPR

Memang kursi Ketua MPR tengah menjadi rebutan partai politik pasca-pemilihan legislatif (pileg). Bahkan, secara terang-teramgan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat menyinggung soal dirinya yang akan menempati jabatan Ketua MPR

Kemudian, dia menganggap jatah untuk posisi ketua MPR ditentukan berdasarkan perolehan suara partai pada Pileg 2019.

“Tentu kita lihat kursinya saja di parlemen kan posisi berdasar kursi. Kalau di MPR terkait dengan paket dan tentu paket koalisi pemerintah ini kan terdiri dari beberapa partai. Nah, itu di proporsional di sana saja,” tuturnya.

Baca Juga: Cak Imin Sebut Posisi Pimpinan MPR Tertutup bagi Parpol Oposisi

(Ari)

Berita Terkait

DPR/MPR 2019-2024

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini