nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratna Sarumpaet Tak Ajukan Banding atas Vonis 2 Tahun Penjara

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 13:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 16 337 2079571 ratna-sarumpaet-tak-ajukan-banding-atas-vonis-2-tahun-penjara-h0YdnOWdlD.jpg Ratna Sarumpaet memeluk anaknya Atiqah Hasiholan beserta anggota keluarga lainnya usai divonis 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim di PN Jaksel, Kamis (11/7/2019). (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Terpidana kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet tidak mengajukan banding atas vonis dua tahun penjara yang diputus Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kuasa hukum Ratna, Desmihardi menjelaskan, keputusan menerima vonis itu setelah kliennya melakukan konsultasi dengan tim kuasa hukum.

"Dari sisi Ibu (Ratna Sarumpaet-red), kami penasehat hukum bahwa terhadap kasus ini, tidak akan mengajukan banding dulu," kata Desmihardi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (16/7/2019).

Demishardi beralasan masa hukuman Ratna menjadi pertimbangan pihaknya tak mengajukan banding. Itu karena Ratna telah menjalani hampir setengah masa tahanannya.

Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis di PN Jakarta Selatan

"Alasannya ada beberapa pertimbangan kita melihat masa hukuman yang dua tahun itu ibu sendiri sudah menjalankan sampai saat ini sudah sampai hampir 9 bulan. Jadi kalau ibu menjalani, mungkin tinggal setahun lagi. Itu pertimbangan yang utama," katanya.


Baca Juga : Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun, Mafindo: Penyebar Hoax Juga Harusnya Dihukum

Dalam kasus ini, Ketua Majelis Hakim Joni memvonis Ratna Sarumpaet 2 tahun penjara. Ratna terbukti bersalah sesuai Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1947 tentang Peraturan Hukum Pidana karena terbukti telah menyebarkan berita bohong yang menimbulkan benih keonaran.


Baca Juga : Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara, TKN: Efek Kebohongannya Luar Biasa

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini