nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tjahjo Minta ASN Pahami Visi Misi Jokowi-Ma'ruf

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 12:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 16 337 2079526 tjahjo-minta-asn-pahami-visi-misi-jokowi-ma-ruf-IevmewiUhY.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta aparatur sipil negara (ASN) memahami visi misi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin yang disampaikan di Sentul, beberapa waktu lalu.

Tjahjo meminta jajarannya memperbanyak materi visi misi Jokowi-Ma'ruf dan membagikannya ke seluruh ASN di lingkungan Kemendagri hingga jajaran pemerintah daerah (Pemda).

"Agar seluruh ASN di lingkungan Kemendagri, BNPP, IPDN dan daerah tegak lurus memahami visi misi Presiden dan Wapres Terpilih hasil Pemilu 2019," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7/2019).

Selain itu, Tjahjo juga meminta ASN mampu menjabarkan dan mengimplementasikan visi misi Jokowi-Ma'ruf dalam tiap pengambilan keputusan. Ia juga mengingatkan ASN untuk memahami sila dari tiap butir Pancasila.

"Seperti reformasi birokrasi, pelayanan publik, inovasi birokrasi di semua tingkatan, menyusun perencanaan program kerja dan menyusun Perda serta berbagai kebijakan agar antar pemerintah pusat dan kementrian/lembaga sampai daerah terintegrasi dan mempunyai garis kebijakan yang sama," ucap Tjahjo.

Jokowi-Maruf

Baca Juga: PPP Sodorkan 15 Nama untuk Jadi Menteri Jokowi

Dalam pidato kebangsaan bertajuk "Visi Indonesia," Jokowi meminta jajarannya di pemerintahan mampu merubah paradigma pemecahan masalah. Kemudian, ia juga meminta agar inovasi pelayanan kepada masyarakat di tingkatkan.

Di era kedua pemerintahannya, Jokowi memfokuskan diri pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Misalnya saja pada sektor kesehatan ibu hamil, bayi, balita, dan anak usia sekolah. Selain itu mengembangkan pendidikan vokasi dan membuat lembaga manajemen talenta.

Kendati fokus ke SDM, pembangunan infrastruktur pun terus dilanjutkan. Jokowi ingin infrastruktur yang dibangun bisa terkoneksi dengan kawasan produksi rakyat. Petahana juga menegaskan akan membuka investasi seluas-luasnya demi membuka lapangan kerja. Karena itu ia meminta jajarannya jangan menghambat segala perizinan.

Di sisi lain, Jokowi menegaskan reformasi birokrasi akan terus berlanjut. Ia meminta birokrat dapat bekerja dengan lincah, produktif, inovatif, dan cepat dalam memberikan pelayanan publik. Kepala Negara juga mengingatkan jajarannya menggunakan APBN secara tepat sasaran dan tidak boros.

Pada akhirnya, Jokowi mengingatkan siapapun menjaga Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara. Ia menegaskan tidak menolerir kelompok perongrong Pancasila.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini