nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Sedih Masih Ada Ormas Tolak Pancasila

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 11:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 16 337 2079502 mendagri-sedih-masih-ada-ormas-tolak-pancasila-2GByPPdhUZ.JPG Mendagri, Tjahjo Kumolo (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo merasa sedih lantaran masih ada saja oknum dan organisasi masyarakat (ormas) yang menolak ideologi Pancasila. Menurut dia, menjaga ideologi negara merupakan tugas seluruh komponen bangsa, tidak hanya pemerintah atau aparat semata.

"Sedih, selama 74 tahun kita merdeka tapi masih ada saja oknum dan ormas yang terang-terangan menolak idelogi Pancasila, ini menjadi tantangan kita bersama untuk mengatasi persoalan-persoalan semacam ini," kata Tjahjo dalam Rakernas Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Tjahjo meminta seluruh ormas memperkuat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan harga mati bagi bangsa Indonesia. "Saya minta kepada seluruh ormas untuk senantiasa memperkuat Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan sejalan dengan UUD 1945," kata dia.

Berdasarkan catatannya, jumlah ormas yang ada di Indonesia mencapai 415.374. Hal itu merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang 1945 pada Pasal 28 E ayat 3. Dalam ayat tersebut, dikatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Meski demikian, Tjahjo menekankan ormas untuk tetap berada pada koridor dan regulasi yang berlaku.

"Silakan bentuk ormas, karena berserikat dan berkumpul adalah hak setiap warga negara dan dijamin undang-undang. Tapi, tetap ikuti aturan negara, keempat pilar itu adalah prinsip. Jangan ditambah dan diubah lagi," ujar dia.

Tjahjo menambahkan, segala tantangan bangsa yang berkenaan dengan ancaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama dan pekerjaan yang tiada habisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini