Peristiwa 16 Juli: Revolusi Rusia hingga Saddam Hussein Jadi Presiden Irak

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 16 Juli 2019 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 337 2079397 peristiwa-16-juli-revolusi-rusia-hingga-saddam-hussein-jadi-presiden-irak-j4POBc8qBf.jpg Saddam Hussein. (Foto: Bussiness Insider)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi pada 16 Juli. Semua kejadian itu tercatat serta diingat sebagai momen bernilai tinggi.

Guna kembali mengingat peristiwa-peristiwa tersebut, Okezone mengulas kembali beberapa di antaranya, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Selasa (16/7/2019):

1896 – Peresmian Perusahaan Kereta Api Lokomotif Uap Kali Serayu dari Maos ke Purwokerto

Serajoedal Stoomtram Maatschappij adalah nama perusahaan kereta api yang pernah beroperasi di Hindia Belanda. Perusahaan ini mengoperasikan kereta api dari Maos Cilacap menuju Purwokerto dan dilanjut ke Banjarnegara serta Wonosobo.

Perusahaan ini beroperasi sejak 1896. Perusahaan tersebut jauh lebih dulu ada dibandingkan Staatsspoorwegen di wilayah Purwokerto. Jalur-jalurnya kini termasuk dalam Wilayah Aset V Purwokerto.

Serajoedal Stoomtram Maatschappij sejatinya perusahaan independen, tetapi pernah bekerja sama dengan Samarang Joana Stoomtram Maatschappij, Oost Java Stoomtram Maatschappij. Kemudian Semarang Chirebon Stoomtram Maatschappij yang dalam menjalankan operasionalnya.

1918 – Revolusi Rusia

Revolusi Rusia pada 1917 adalah sebuah gerakan politik di Rusia yang memuncak dengan penggulingan pemerintahan provinsi yang telah mengganti sistem Tsar Rusia, dan menuju ke pendirian Uni Soviet, hingga berakhir keruntuhannya pada 1991.

Revolusi ini dapat dilihat dari dua fase berbeda. Pertama, revolusi Februari 1917 yang mengganti otokrasi Tsar Nikolai II Rusia, Tsar Rusia yang efektif terakhir, dan mendirikan republik liberal.

Fase kedua adalah revolusi Oktober yang diinspirasi Vladimir Lenin oleh Partai Bolshevik memegang kuasa dari pemerintahan provinsi. Revolusi kedua ini memiliki efek yang sangat luas memengaruhi daerah kota dan perdesaan.

1945 – Trinity Percobaan Nuklir Pertama di New Mexico

Trinity adalah uji coba nuklir bom atom selama Proyek Manhattan. Peledakan itu dilakukan di Almogordo, New Mexico. Berat bom atom tersebut mencapai 19 kiloton dan merupakan peledakan bom atom pertama. Bom tersebut bermuatan plutonium dan sama modelnya dengan yang kelak dijatuhkan ke Nagasaki.

Trinity dijadwalkan diledakkan pada 13 Juli, tetapi karena cuaca buruk, percobaan tidak jadi dilaksanakan. Cuaca membaik pada 16 Juli, dan peledakan dilakukan pukul 05.29.45 waktu setempat.

Bom tersebut ditempatkan di menara baja dengan ketinggian 20 meter, dan daya ledaknya setara dengan 19 kiloton TNT. Ledakan itu meninggalkan kawah sedalam 3 meter dan selebar 330 meter.

1969 – Peluncuran Misil Apollo 11

Apollo 11 adalah sebuah misi luar angkasa berawak pertama yang berhasil membawa manusia ke bulan dan kembali dengan selamat. Apollo 11 merupakan salah satu dari proyek Nasa.

Apollo 11 diluncurkan menggunakan Roket Saturn V. Ketika mendarat di bulan, pesawat luar angkasa ini diawaki Neil Armstrong, Eswin Aldrin, dan Michael Collins.

1979 – Saddam Hussein Jadi Presiden Irak

Saddam Hussein adalah presiden Irak pada periode 16 Juli 1979 hingga 9 April 2003. Kepemimpinannya berakhir ketika tertangkap oleh pasukan koalisi saat menginvasi Irak pada 2003.

Sebagai pemimpin Irak dan ketua Partai Ba'ath, pria bernama lengkap Saddam Hussein ʿAbdul al Majid al Tikriti ini mengambil kebijakan Pan-Arabisme Sekuler, modernisasi ekonomi, dan sosialisme Arab.

Kekuasaannya berakhir setelah Irak diserang oleh suatu pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat pada 2003.

Sebagai anggota utama Partai Ba'ath Irak, yang menganjurkan Pan-Arabisme Sekuler, modernisasi ekonomi ekonomi, dan sosialisme Arab, Saddam Hussein memainkan peran penting dalam kudeta 1968 yang membuat partainya lama berkuasa di sana.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini