nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Limpahkan Berkas Pengancam Penggal Kepala Jokowi ke Kejaksaan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 11:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 337 2077977 polisi-limpahkan-berkas-pengancam-penggal-kepala-jokowi-ke-kejaksaan-zVfHBcWkRi.jpg Hermawan Susanto ketika ditangkap aparat kepolisian (Foto: Ist)

JAKARTA - Polisi melimpahkan berkas penyidikan kasus ancaman pemenggalan kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tersangka Hermawan Susanto ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

"Berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (12/7/2019)

Setelah dilimpahkan, nantinya Kejati DKI Jakarta akan memeriksa berkas tersebut. Apabila dinyatakan lengkap maka polisi diminta segera menyerahkan tersangka dan barang bukti dan langsung menuju proses persidangan.

Baca Juga: Pernikahan Tersangka Pengancam Penggal Kepala Jokowi di Penjara Dihadiri Keluarga 

Karena berkas sudah mau dilimpahkan, Argo menyebut nampaknya tak ada lagi pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap Hermawan. Dia menyebut pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sejauh ini sudah cukup.

"Kapan persis tanggalnya, saya cek penyidik dulu," ucap Argo.

 Hermawan Susanto

Hermawan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan lantaran, video bernada ancamannya viral di media sosial Twitter. Ketika itu, rekaman video yang memperlihatkan dirinya dan para pendemo di kantor Bawaslu menyerukan akan memenggal kepala Jokowi.

HS sendiri berhasil diamankan di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 12 Mei 2019, lalu. Dia mengaku menyesal tindakannya bernada ancaman itu.

Hermawan Susanto dijerat dengan tindak pidana kejatan terhadap keamanan dan tindak pidana di ITE dengan modus pengancaman pembunuhan terhadap Presiden Republik Indonesia sebagaimana disebutkan pada Pasal 104 KUHP dan Pasal 27 Ayat (4) Juncto Pasal 45 Ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Baca Juga: Motif Pengancam Penggal Kepala Jokowi karena Emosi 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini