nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Bui, Fahri Hamzah: Kasusnya Sama dengan Baiq Nuril

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 09:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 12 337 2077917 divonis-2-tahun-bui-fahri-hamzah-kasus-ratna-sarumpaet-sama-dengan-baiq-nuril-Z5TsGEPOrJ.JPG Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (Foto: Ist)

JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis terdakwa kasus penyebaran berita bohong/hoaks, Ratna Sarumpaet dengan hukuman 2 tahun penjara. Ratna dianggap bersalah telah menyebarkan berita bohong yang menimbulkan kegaduhan.

Merespons hal itu, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menilai kasus yang tengah melilit Ratna Sarumpaet senada dengan apa yang tengah melanda Baiq Nuril yang juga terjerat pasal karet.

"Sebenarnya kasus Ratna sarumpaet juga senapas dengan kasus Baiq Nuril," kata Fahri saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Ratna sebelumnya dinilai bersalah melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana karena telah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Ratna Sarumpaet

Fahri mengatakan, Indonesia sebagai negara demokrasi seharusnya tidak lagi menggunakan pasal-pasal yang mengandung kelenturan hukum seperti pasal yang menjerat Ratna Sarumpaet.

"Ini adalah akibat dari penggunaan pasal-pasal yang seharusnya dalam tradisi demokrasi sudah tidak boleh ada. Karena mengandung kelenturan untuk menghukum," kata dia.

"Oleh sebab itu, sebaiknya Undang-undang tahun 1946 plus pasal-pasal karet di dalam UU ITE yang digunakan untuk menjerat Ratna pun kita harus sudah tinggalkan," kata Fahri menambahkan.

Majelis hakim PN Jaksel kemarin memutus bersalah Ratna Sarumpaet, sesuai Pasal 14 ayat (1) Undang Undang Nomor 1 tahun 1947 lantaran dinilai menciptakan kebohongan hingga menimbulkan keonaran.

Meski demikian, vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut ibunda Atiqah Hasiholan itu dengan hukuman enam tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini