nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

192 Lolos Seleksi Awal Capim KPK, Termasuk Purnawirawan Polisi dan Jaksa

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 21:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 11 337 2077797 192-lolos-seleksi-awal-capim-kpk-termaksud-purnawirawan-polisi-dan-jaksa-TbBpvf5kbM.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK telah mengumumkan hasil seleksi administrasi awal. Hasilnya sebanyak 192 dari 384 orang pendaftar dinyatakan berhak ikut tahapan seleksi berikutnya yang akan berlangsung sampai akhir september 2019.

Terdampat tiga komisioner lama dan sejumlah purnawirawan jenderal bintang polisi seperti mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Pol Anang Iskandar yang lolos serta 13 perwira tinggi polisi serta 18 jaksa dan hakim yang mendaftar.

 Baca juga: Polri Restui 11 Pati Daftar Seleksi Calon Pimpinan KPK

Salah satunya mantan jaksa senior M Jasman Panjaitan. Pria kelahiran Sumatera Utara pernah menjabat menjadi Kapuspenkum Kejaksaan Agung. Pria berusia 63 tahun itu merupakan Doktor bidang hukum pidana dari Unpad.

 korupsi

Selama berdinas di korps Adhyaksa Jasman memang dikenal lebih banyak bertugas di bidang perkara korupsi seperti di antaranya kasus tindak pidana korupsi mantan Walikota Medan Muhammad Abdillah, hingga perkara pengusaha DL Sitorus yang berhasil dimenangkan Kejagung tahun 2007.

 Baca juga: Ini Rincian Harta Kekayaan 5 Jaksa yang Daftar Capim KPK

Sebelum pensiun, Jasman bertugas sebagai pelaksana tugas Jaksa Agung Muda bidang pengawasan atau Jamwas sejak tahun 2014. Dia berharap bisa lolos menjadi pimpinan di lembaga antirasuah.

"Agar saya bisa mendarma baktikan pengalaman,pengetahuan sekaligus terobosan baru bagi pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Jasman, Kamis (11/7/2019).

Jasman berharap, masyarakat tidak berprasangka buruk bahwa para calon yang berasal dari Polri maupun Kejagung memiliki niat yang tidak baik saat mencalonkan diri menjadi capim KPK.

Dia pun optimis bahwa pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berjalan baik dan sukses.

Korupsi

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini