nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Tersangka Makar, Habil Marati Gandeng Yusril Ihza Mahendra

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 20:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 337 2077257 jadi-tersangka-pembunuhan-4-tokoh-habil-marati-gandeng-yusril-ihza-mahendra-FITwBEJywA.jpg Yusril Ihza Mahendra (foto: Okezone)

JAKARTA - Pengacara Yusril Ihza Mahendra menyatakan bahwa diminta menjadi kuasa hukum dari tersangka rencana pembunuhan empat tokoh Habil Marati. Yusril pun langsung menemui politikus PPP itu ke Polda Metro Jaya.

"Baru sekarang ini saya dihubungi oleh beliau melalui seseorang dan saya mau komunikasi langsung dengan Pak Habil hari ini," kata Yusril di Mapolda Metro Jaya, Rabu (10/7/2019).

 Baca juga: Habil Marati Sudah Ditangkap, Barang Bukti Ini Diamankan Polisi

Disisi lain, Yusril bahkan mengaku sudah mempersiapkan berkas penangguhan penahanan. Surat permohonan tersebut rencananya akan diserahkan pada pekan ini.

"Kami sudah mendiskusikan kemungkinan Pak Habil ditangguhkan penahanannya," ujar Yusril.

 Baca juga: Siapa Habil Marati, Tersangka Donatur Rencana Pembunuhan Wiranto-Luhut Cs?

Yusril memaparkan alasan permohonan penangguhan penahanan tersebut. Salah satunya adalah kondisi kesehatan Habil yang selama mendekam di penjara semakin menurun.

 Habil Mariti

Menurut Yusril, keluarga Habil sendiri yang akan jadi penjaminnya. Dia berharap permohonan ini akan dikabulkan.

“Mudah-mudahan dalam pekan depan sudah ada titik terangnya,” ucap Yusril.

Sementara itu, Habil Marati yang sempat menemui awak media bersama Yusril menambahkan dia mempercayakan kasusnya pada Yusril karena telah menunjuknya jadi kuasa hukum. Dia mengaku sudah membeberkan seluruhnya pada Yusril.

 Baca juga: Kivlan Zen Dapat Rp150 Juta dari Habil Marati untuk Beli Senjata Api

"Semua persoalan yang terjadi dan sedang bergulir dalam pemeriksaan, saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Polda yang telah memperlakukan saya dengan baik saya, hal-hal yang positif oleh karena itu saat ini saya telah menyerahkan sepenuhnya dan saya telah membuka semua kepada pengacara saya Yusril Ihza Mahendra," papar Habil.

Sekadar diketahui, Habil diduga memberikan uang Rp150 juta kepada Kivlan Zen. Kemudian, setelah diterima uang itu langsung diserahkan kepada tersangka kasus pembunuhan empat tokoh, Iwan Kurniawan alias Helmi Kurniawan (HK) untuk membeli senjata laras panjang dan pendek.

Senjata itu disinyalir akan digunakan untuk melancarkan aksi pembuhan terhadap empat tokoh nasional tersebut. Namun, hal itu dibantah oleh pihak Kivlan Zen dan Habil.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini