nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Apresiasi BNPB Ekspedisi 584 Desa Rawan Gempa dan Tsunami

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 13:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 337 2077042 bmkg-apresiasi-bnpb-ekspedisi-584-desa-rawan-gempa-dan-tsunami-WAc9wYE2Vu.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengapresiasi langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang akan melakukan ekspedisi ke 584 desa rawan gempa dan tsunami di wilayah Selatan Jawa.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara rawan bencana, sehingga dengan adanya ekspedisi tersebut dapat membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Tentunya kami dari BMKG mengaresiasi kegiatan ini, perlu diketahui bahwa bencana itu datang setiap saat. Indonesia itu rawan bencana khsusunya gempa dan tsunami," katanya kepada wartawan di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2019).

 Gempa

Rahmat mengaku bahwa selama ini di Indonesia sistem peringatan dini masih terbilang masih kurang, sehingga tidak heran dampak dari bencana tersebut sangat besar yang dialami masyarakat.

"Sistem peringatan dini yang sudah dibangun tentunya masih sangat kurang bila hanya sistemnya saja yg disiapkan sedangkan masyarakatnya tidak siap untuk aware dan peduli bahwa daerahnya termasuk daerah rawan bencana," ujarnya.

Rahmat berharap kegiatan ini dapat menjadikan desa-desa yang rawan bencanan menjadi desa tangguh dalam menghadapi bencana alam.

"Tentunya kegiatan ekspedisi ini salah satu kegiatan target menyiapkan desa tangguh," tutupnya.

 tsunami

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini