nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Lepas Syafruddin, KPK Tegaskan Tetap Usut Perkara Korupsi BLBI

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 19:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 09 337 2076754 ma-lepas-syafruddin-kpk-tegaskan-tetap-usut-perkara-korupsi-blbi-VR8QuGAob7.jpg Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (foto: Okezone)

JAKARTA - Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) menerima upaya hukum kasasi yang diajukan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung terkait perkara dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI terhadap obligor BDNI.

Majelis hakim melepas segala tuntutan yang dilayangkan oleh Jaksa penuntut umum pada ‎Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hakim juga meminta agar Syafruddin dibebaskan dari penjara KPK dan memulihkan hak serta martabat mantan Kepala BPPN tersebut.

 Baca juga: Pasca-Putusan MA, Kuasa Hukum Minta Syafruddin Dibebaskan Malam Ini

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menghormati putusan MA. Namun, Saut menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mengusut kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI terhadap obligor BDNI. Sebab, kasus ini telah merugikan negara cukup besar.

"KPK tidak akan berhenti melakukan upaya hukum dalam perkara ini, khususnya dalam rangka mengembalikan dugaan kerugian keuangan negara Rp4,58 triliun dalam perkara ini," kata Saut saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

 Korupsi

‎Adapun, vonis kasasi Syafruddin diputus oleh Ketua Majelis Hakim Salman Luthan dan dua anggota majelis yakni, Syamsul Rakan Chaniago dan Mohamad Askin. Namun, terdapat dissenting opinion (perbedaan pendapat) dalam putusan tersebut.

 Baca juga: MA Lepas Syafruddin di Kasus BLBI, KPK: Aneh bin Ajaib

Perbedaan pendapat putusan tersebut terjadi antara Ketua Majelis Hakim dengan dua anggotanya. Ketua Majelis Salman sepakat dengan putusan di tingkat banding. Sementara dua anggotanya menyatakan bahwa perbuatan Syafruddin bukan tindak pidana.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini