nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amien Rais Bilang Jangan "Rabun Ayam", PAN: Kursi Kabinet Tidak Penting!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 14:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 09 337 2076587 amien-rais-bilang-jangan-rabun-ayam-pan-kursi-kabinet-tidak-penting-P6E6JrohAz.JPG Waketum PAN Bara Hasibuan (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang mengatakan agar tidak 'rabun ayam' dengan hanya mendapat satu kursi sehingga masuk koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Bara, PAN tidak seperti yang disampaikan Amien yang merapat karena tawaran satu atau dua kursi di kabinet.

"Saya pikir istilah apapun itu bisa digunakan, jadi jangan lihat di sini bahwa PAN hanya ambisi mendapatkan kursi di kabinet 1-2 kursi di kabinet. Menurut saya, itu tidak terlalu penting, kalau kita bergabung kan ada manifestasi dari bergabungnya kita," kata Bara di Gedung DPR, Selasa (9/7/2019).

PAN, kata Dia, membutuhkan wadah untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat, dan bergabung bersama Jokowi salah satunya. "Kita perlu memiliki tempat untuk bisa mengartikulasikan kontribusi kita," paparnya.

Bara mengatakan, koalisi yang parpol pendukung Prabowo-Sandi dalam kontestasi Pilpres 2019 telah usai. Karena itu, apapun yang disampaikan PAN ke publik sudah tidak mewakili koalisi.

"Jadi selama belum ada keputusan yang bersifat final, resmi, yang diputuskan melalui forum rakernas, maka siapapun bisa menyatakan aspirasi, menyatakan pendapat ke depan, karena ini adalah partai politik," tukasnya.

Amien Rais

Baca Juga: KPK Kantongi Aliran Dana Lintas Negara di Kasus Suap Pesawat Garuda Indonesia

Baca Juga: Perjuangan Penjual Kerupuk Menabung Rp5 Ribu Selama 30 Tahun demi Berangkat Haji

Sebelumnya Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais pun mengingatkan kader PAN untuk tidak rabun ayam, hanya karena diberi jatah kursi menteri bergabung dengan koalisi Jokowi

"Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi. Apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar. Nah, dengarkanlah nasihat saya "jangan kita rabun ayam". Hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung," ujar Amien melalui video yang telah diunggah di akun amienraisofficial, seperti dikutip Okezone.

Menurut Amien, bagaimana pendapat atau opini dari hampir 10 juta orang yang telah memilih PAN dalam pesta demokrasi. Untuk itu, ia meminta seluruh kader partai untuk tidak mengumbar semaunya, karena pemilih tidak boleh dikesampingkan begitu saja.

"Tolong ya, teman-teman DPP jangan mengumbar semau-maunya, pemilih ini adalah "grassroot" dari ranting, cabang, tidak boleh dikesampingkan semacam itu. Jadi, saudara-saudaraku mari kita berfikir, nanti kita bicarakan secara kesatria, secara apa adanya," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini