IIDSS 2019 Lahirkan Ide Baru Pecahkan Masalah Ancaman Pertahanan Negara

Fiddy Anggriawan , Okezone · Selasa 09 Juli 2019 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 337 2076481 iidss-2019-lahirkan-ide-baru-pecahkan-masalah-ancaman-pertahanan-negara-LhcxYBKdfk.jpg Susaningtyas Kertopati (Ketiga dari Kanan) Dalam Ajang International Defence Science Seminar (IIDSS) 2019 yang Digelar Universitas Pertahanan (foto: Dokumentasi Suaningtyas Kertopati)

JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) menggelar International Defense Science Seminar (IIDSS) 2019. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, IIDSS hari pertama diisi dengan kegiatan seminar sedangkan hari kedua diisi dengan call of papers.

Pengamat Intelijen dan Pertahanan Susaningtyas Kertopati menjelaskan, pada hari pertama pada 8 Juli 2019 diberikan kesempatan enam pembicara luar negeri dan enam pembicara dalam negeri menyampaikan perspektif akademiknya atas tiga topik, yakni cyber threat, terorism dan natural disaster.

Baca Juga: Rektor Unhan: Perkembangan Teknologi Jadikan Dunia Terasa Kecil

International Defense Science Seminar (IIDSS) 2019 (foto: Dokumentasi Susaningtyas Kertopati)

"Seminar dihadiri lebih dari 1.000 peserta dari kalangan akademisi, praktisi dan militer berlangsung baik dan melahirkan beberapa ide baru untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi Bangsa Indonesia dan sekaligus kontribusi untuk masyarakat internasional," ungkap Susaningtyas kepada Okezone, Selasa (9/7/2019).

Sedangkan di hari kedua pada 9 Juli 2019, call of papers juga menyumbang banyak gagasan ilmiah demi keamanan nasional dan pertahanan negara.

"Banyak peserta seminar internasional ini berharap tahun depan Universitas Pertahanan dapat menyelenggarakan forum akademik yang penting ini," ucap dia.

International Defense Science Seminar (IIDSS) 2019 (foto: Dokumentasi Susaningtyas Kertopati)	 

Perlu diketahui, IIDSS menjadi agenda bergengsi di dunia pertahanan, khususnya di Indonesia, yang hanya digelar Unhan. Seminar ini mengundang pakar pertahanan dunia, rektor atau dekan dari beberapa universitas pertahanan dunia

Baca Juga: Mahasiswa Unhan Kuliah Umum Prespektif Pertahanan Negara dari Aspek Peran Pasar Modal 

IIDSS juga mengundang duta besar negara sahabat, atase pertahanan, kepala organisasi internasional dan lembaga think tank dari berbagai negara dunia serta pengamat militer.

Seminar IIDSS 2019 menyuguhkan tema "Enhancing Defense Cooperation to Deal with Terrorism, Cyber Threats, and Natural Disaster" (Meningkatkan Kerja Sama Pertahanan dalam Menghadapi Ancaman Terorisme, Dunia Siber dan Bencana Alam).

International Defense Science Seminar (IIDSS) 2019 (foto: Dokumentasi Susaningtyas Kertopati)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini