nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Sutopo, Penggemar Raisa hingga Punya Kucing Kesayangan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 07:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 09 337 2076373 6-fakta-sutopo-penggemar-raisa-hingga-punya-kucing-kesayangan-X6tjXAYhhZ.JPG Sutopo Purwo Nugroho dan kucing kesayangannya (Foto: Instagram)

KEPALA Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho telah berpulang menghadap Yang Maha Kuasa, Minggu 7 Juli 2019 usai berjuang melawan kanker paru-paru stadium IV.

Banyak fakta-fakta mengenai sosok Sutopo selama hidupnya, Berikut Okezone coba rangkum beberapa di antaranya:

1. Aktif di media sosial

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapusdatin BNPB, Sutopo memanfaatkan akun media sosial Twitter miliknya @Sutopo_PN untuk membagikan informasi mengenai kebencanaan yang melanda Tanah Air.

Tak hanya soal pekerjaan, Sutopo juga menggunakan media sosialnya untuk berbagi cerita kehidupannya sehari-hari, termasuk dalam menjalani proses pengobatan.

2. Punya kucing kesayangan

Sutopo punya kucing kesayangan yang diberi nama Mozza. Beberapa kali ia membagikan ke akun Twitter-nya momen saat dirinya bermain-main dengan Mozza. Kucing berbulu tebal tersebut juga menyukai saat Sutopo bersiul.

Raisa dan kucingnya.

3. Penggemar Raisa

Sutopo juga dikenal sebagai penggemar Raisa. Hal itu sering ditunjukkan dalam kicauannya di Twitter yang menandai akun milik Raisa hingga memunculkan kreatifitas warganet memunculkan tagar #Raisameetsutopo.

Mengetahui hal ini, Raisa kemudian mencari kontak Sutopo. Namun rupanya upaya Raisa menghubungi Sutopo belum berhasil karena kesibukan ayah dua anak itu mengurusi bencana alam yang baru terjadi saat itu.

Sutopo bertemu Raisa.

Raisa akhirnya bisa menghubungi Sutopo melalui sambungan telefon. Tak puas hanya via suara, istri Hamish Daud langsung melanjutkan komunikasi mereka dengan melakukan video call. Tak berhenti sampai di situ, pada suatu kesempatan, Sutopo akhirnya bisa bertemu secara langsung dengan Raisa.

4. Lulusan Terbaik UGM

Beragam predikat Sutopo dapatkan saat kuliah, mulai dari sebagai mahasiswa teladan, juara lomba tingkat nasional, mahasiswa berprestasi, hingga lulus dengan predikat cumlaude dan sarjana termuda.

5. Tiga Kali Menolak Jadi Humas BNPB

Sutopo ternyata pernah menolak menjadi Humas BNPB. Hingga akhirnya pada November 2011 Penawaran menjadi Humas di BNPB dia terima setelah tiga kali menolak tawaran.

6. Memiliki Dua Anak

Sutopo menikah dengan Retno Utami Yulianingsih. Dari hasil pernikahannya ia memiliki dua orang anak laki-laki yakni Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Sang anak Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho mengaku sudah ikhlas melepas sang ayah yang sudah tidak lagi merasakan sakit yang dideritanya. Ivanka pun berharap ayahnya mendapatkan tempat terindah di akhirat.

"Kami sangat berduka, semoga Pak Topo tidak lagi merasa sakit. Semoga ditempatkan oleh Allah di tempat yang lebih bagus," ujarnya. (qlh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini