Mendagri: FPI Belum Lengkapi 10 Syarat Perpanjangan Izin Ormas

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 08 Juli 2019 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 08 337 2076204 mendagri-fpi-belum-lengkapi-10-syarat-perpanjangan-sebagai-ormas-8YMEHb4Ruj.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan bahwa Front Pembela Islam (FPI) masih belum melengkapi 10 dari 20 syarat administrasi dalam permohonan perpanjangan surat keterangan terdaftar (SKT) sebagai ormas. Tjahjo mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu FPI untuk melengkapi syarat tersebut.

Baca Juga: Mendagri: Perpanjangan Izin FPI Sedang Dievaluasi 

"Laporan Dirjen kami dari 20 persyaratan baru diserahkan 10 persyaratan, kan kami harus menunggu dulu dong, menunggu dulu persyaratan lengkap," kata Tjahjo di komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).

Tjahjo tak merinci 10 syarat yang belum lengkap. Namun, beberapa syarat yang belum lengkap di antaranya Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan susunan kepengurusan yang belum ditandatangani.

"Misalnya menyerahkan anggaran dasar, rumah tangga kok enggak diteken. Terus susunan kepengurusannya enggal ada tanda tangannya," ujarnya.

Ribuan Massa FPI Kepung Mabes Polri 

Dia menyatakan, Kemendagri berhak mempertanyakan syarat yang belum dilengkapi oleh ormas yang mengajukan perpanjangan SKT, termasuk FPI.

Politisi PDIP itu mengaku tak ingin terjebak memperpanjang SKT FPI, namun sejumlah persyaratan belum terpenuhi.

"Kalau saya setujui kan melanggar, ini belum diteken kok sudah diterima. Saya enggak mau ada jebakan jebakan, saya enggak mau," tuturnya.

Baca Juga: FPI Sudah Ajukan Perpanjangan Izin ke Kemendagri 

Tjahjo membantah, pemerintah melakukan diskriminasi kepada FPI. Menurutnya, semua ormas diperlakukan sama ketika mengajukan perpanjangan SKT.

"Enggak ada. Semua ada evaluasi, ada track recordnya," ucap dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini