nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini Tak Ada Lagi Informasi Bencana dari Sutopo...

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 14:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 08 337 2076071 kini-tak-ada-lagi-informasi-bencana-dari-sutopo-Et2lVodd0n.jpg Sutopo Purwo Nugroho. (Foto : Koran Sindo)

JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho telah berpulang menghadap Yang Maha Kuasa, pada Minggu (7/7/2019) dini hari.

Dengan bertugas sebagai Kapusdatin BNPB, Sutopo sigap memberikan informasi mengenai kebencanaan kepada rekan-rekan media. Ia membagikan informasi melalui WhatsApp Group yang berisikan awak media untuk kemudian diolah menjadi berita guna disebarluaskan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, ia juga kerap memanfaatkan akun media sosial Twitter miliknya @Sutopo_PN untuk membagikan informasi mengenai kebencanaan yang melanda Tanah Air kepada warganet.

Namun, kini situasi tersebut sudah berubah. Dengan berpulangnya almarhum yang disebut sebagai pahlawan kemanusiaan oleh Kepala BNPB Doni Monardo tersebut, tak ada lagi kabar mengenai bencana yang disampaikannya, termasuk melalui akun Twitter.

Terakhir ia menge-tweet soal peta titik panas di Indonesia pada 14 Juni. Bukan kebetulan tentunya, karena pada 15 Juni 2019, ia terbang ke Guangzhou, China, untuk mengobati penyakit kanker paru stadium 4 yang kian menggerogoti tubuhnya.

Tweet terakhir Sutopo. (Twitter/@Sutopo_PN)

Tweet terakhir dari Sutopo itu pun dibanjiri oleh ucapan duka cita oleh warganet, pascameninggalnya Sutopo. Mereka umumnya mendoakan agar almarhum diterima di sisi Tuhan. Banyak pula warganet yang mengucapkan terima kasih kepada Sutopo atas dedikasinya selama mengabdi di BNPB. Dalam tweet terakhirnya itu terdapat 1.062 retweet, 3.660 likes, dan sekira 1.300 komentar dari warganet.

“Pak @Sutopo_PN udah ga ada lagi twit anda tentang bencan alam. Selamat jalan pak,” tulis akun @andro_polis, seperti dilihat Okezone, Senin (8/7/2019).

Kini, akun Twitternya sepi dari aktivitas. Gempa dengan magnitudo 7,0 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, pada Minggu 7 Juli 2019 malam, tak dapat ia sebar luaskan, baik kepada rekan-rekan media maupun masyarakat luas. Dengan tutup usianya humas yang kerap mendapatkan penghargaan tersebut, tak ada lagi informasi mengenai kebencanaan yang dapat ia sampaikan kepada publik.

Berkaitan dengan meninggalnya Sutopo, rekan media bisa meng-update informasi mengenai kebencanaan lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Seperti gempa di Maluku Utara pada Minggu malam, rekan-rekan media bisa memperoleh informasi melalui BPBD setempat. Namun, imbauan itu sifatnya hanya sementara waktu pasca-berpulangnya Sutopo Purwo Nugroho.

"Kalau teman-teman media ingin mengetahui lokasi di lapangan nanti kami berikan (kontak) Kalaks BPBD-nya untuk sampaikan informasi update. (Pusat informasinya) di daerah," kata Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita, yang merupakan pengganti Sutopo, saat berbincang dengan Okezone, Senin (8/7/2019).

Momen Serah Terima Jenazah Kepala Pusdatinmas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Sekadar diketahui, Sutopo merupakan ujung tombak bagi rekan media untuk memperoleh informasi terkini mengenai kebencanaan. Seperti saat gempa dan tsunami Lombok maupun gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2018, ia dengan sigap melayani rekan-rekan media memberikan informasi dari daerah bencana.


Baca Juga : Mengenang Sutopo dalam Menginformasikan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau

Meski didera kanker paru stadium 4 sejak Januari 2018, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai Kapusdatin BNPB. Sutopo juga tak lelah menjawab pertanyaan rekan-rekan media, baik melalui pesan maupun panggilan telefon genggam.

“Kini tak ada lagi update bencana yang dapat disampaikan almarhum kepada media, seperti gempa berpotensi tsunami yang melanda Maluku Utara semalam,” kata Arief Setyadi, seorang wartawan yang berada di WhatsAppGroup bencana yang diampu Sutopo.


Baca Juga : Sutopo Meninggal, Kepala BNPB: Kita Kehilangan Pahlawan Kemanusiaan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini