nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB : Sutopo Adalah Pahlawan Kemanusiaan

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 16:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 07 337 2075732 kepala-bnpb-sutopo-adalah-pahlawan-kemanusiaan-gDY1NEN1U0.jpg Kepala BNPB Doni Monardo (Dok. Okezone)

DEPOK - Kabar duka menyelimuti keluarga besar Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB. Hal tersebut diungkapkan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo di kediaman keluarga almarhum di perumahan Raffles Hills, Tapos Depok Jawa Barat.

"Kami semuanya turut berduka cita atas wafatnya Bapak Sutopo. Dan kami keluarga besar BNPB sangat kehilangan sekali. Bagi kami pak Topo adalah pahlawan kemanusiaan," kata dia, Minggu (7/7/2019).

Doni mengungkapkan sebagai rekan kerjanya di BNPB, almarhum merupakan sosok yang pekerja keras dan tidak pernah mengeluh meskipun divonis kanker paru-paru stadium 4B pada 17 Januari 2018.

(Foto: Instagram)

Baca Juga: Cerita di Balik Whatsapp Group Sutopo Tentang Informasi Bencana

"Saya kagum dengan semangatnya untuk memberikan informasi kepada publik. Beliau mengumpulkan kepingan-kepingan berita informasi dari seluruh BPBD, merangkum menjadi sebuah risalah kejadian dan juga ikut memberikan analisis tentang apa-apa yang perlu dilakukan. Baik pemerintah di daerah maupun pusat," tuturnya.

Menurut Doni, berkat Sutopo, BNPB juga banyak menorehkan prestasi. Satu di antaranya adalah penghargaan dari PBB dalam bidang inovasi kebencanaan.

"Sutopo merupakan sosok yang telah membesarkan nama BNPB sejak dilahirkan pada 2008 silam. Di samping itu juga, pak Topo sering mendapatkan penghargaan dari banyak lembaga baik lembaga pemerintah maupun dari kalangan media atas kinerjanya yang luar biasa," kata Doni.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini