nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita di Balik Whatsapp Group Sutopo Tentang Informasi Bencana

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 15:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 07 337 2075726 cerita-di-balik-whatsapp-group-sutopo-tentang-informasi-bencana-DnXZftg1C2.jpg Sutopo Purwo Nugroho semasa hidup dan menjalankan tugasnya sebagai Humas BNPB (Dok. Okezone)

KETIKA Anda mendapat informasi bencana ataupun penanganannya, ada nama Sutopo Purwo Nugroho di belakangnya. Ia yang memberi tahu kabar itu, dan ia yang seolah tak ada waktu tidurnya.

Kabar tersebut disebarnya ke grup Whatsapp atau WAG yang isinya wartawan untuk selanjutnya diolah medianya masing-masing sehingga tersiar pada seluruh masyarakat.

Namun, grup Whatsapp itu baru ada sekira empat tahun lalu, sebab mulanya Sutopo masih memanfaatkan Blackberry Messanger atau BBM yang lebih dulu melejit di negeri ini.

Suopto saat menjalani perawatan

Baca Juga: Jokowi Kenang Kegigihan Sutopo dalam Menginformasikan Bencana

Kala itu di tahun 2015, Sutopo menyambangi Istana, tapi dia tidak turut rapat, dan menunggu bersama wartawan di Kantor Presiden bersama wartawan.

"BBM ini masih dipakai wartawan apa enggak sih?" begitu kira-kira pertanyaan Sutopo pada pewarta. Hal itu dilontarkan karena ia merasa kewalahan menyebar info melalui grup BBM.

Jika Anda pernah pakai BBM, tentu tahu aplikasi tersebut memiliki batasan jumlah karakter ketika mengirimkan pesan. Hal serupa pun dirasakan Sutopo. Pesan yang ditulis panjang, terpotong otomatis jika melebihi batas yang ditentukan. Dirinya pun bingung sendiri, kepotong sampai mana tulisannya.

Mendengar keluhan Sutopo beberapa pewarta pun menyarankan agar dia membuat grup Whatsapp. Sebab seberapa panjang tulisan yang dibuat tidak akan terpotong. Dan anggota grupnya bisa ratusan. "Teman-teman wartawan juga sudah pakai Whatsapp kok pak, enggak cuma BBM," ujar salah satu pewarta meyakinkan Sutopo.

Sutopo Purwo Nugroho

Baca Juga:  Turut Berduka, TKN: Sutopo Sosok Berdedikasi

Baca Juga: Ahok: Selamat Jalan Pak Sutopo, Saatnya Istirahat yang Tenang

Setelah obrolan yang terjadi di petang hari itu, Sutopo benar-benar membuat WAG. Dan notifikasi terus hadir ketika bencana datang, tak peduli pukul berapa hal itu terjadi. Tapi kini, tidak akan ada lagi pesan Sutopo yang masuk.

Selamat jalan Pak Sutopo, tempat terbaik telah disiapkan Tuhan untukmu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini