Kementerian LHK Pacu Gerakan Kurangi Sampah

Sarah Hutagaol, Okezone · Jum'at 05 Juli 2019 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 337 2074961 0-7-kg-sampah-dihasilkan-per-hari-kementerian-lhk-pacu-gerakan-kurangi-sampah-EXppMDRDCM.jpg Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati di Gedung KLHK, Jakarta, Jumat (5/7/2019). (Foto : Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan gerakan pengurangan dan penanganan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional.

Hal tersebut dikarenakan setiap warga bisa menghasilkan sampah per hari sebanyak 0,7 kilogram (kg). Karena itu, dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, gerakan tersebut kembali menjadi alarm untuk masyarakat.

"Tidak henti-hentinya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan kepada masyarakat gerakan-gerakan pengurangan dan penanganan sampah," ujar Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati di Gedung KLHK, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Oleh sebab itu, dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional, Kementerian LHK membuat perlombaan dalam bentuk video blog atau vlog dan foto yang saat ini sudah ditetapkan menjadi 6 pemenang dari berbagai kota.

Enam pemenang lomba dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diadakan Kementerian LHK. (Foto : Sarah Hutagaol/Okezone)

Rosa Vivien berharap salah satu rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional itu menjadi momentum yang bisa memperlihatkan kepada warga wujud dari berbagai macam permasalahan sampah di Indonesia yang direkam melalui video atau lewat foto.

“Acara kita hari ini penyerahan pemenang dari lomba foto dan vlog yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional. Itu menjadi ujung dari Hari Peduli Sampah Nasional yang kita lakukan sejak 21 Februari," ujarnya.


Baca Juga : Kurangi Sampah Plastik, Pemprov DKI Lakukan Daur Ulang hingga Siapkan Pergub

"Akan tetapi, momentum untuk kampanye sampah tentu tidak berhenti selesainya rangkaian hari sampah nasional. Kita masih punya momentum lingkungan hidup sedunia dan hari-hari yang lain," tutur Rosa Vivien.

Baca Juga : Menteri LHK: Saatnya Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini