nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Staf Ahli "Sawer" 2 Anak Menpora Pakai Duit Terpidana Kasus Dana Hibah

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 337 2074740 staf-ahli-sawer-kedua-anak-menpora-dari-terpidana-kasus-dana-hibah-deI6Ck2frG.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Miftahul Ulum mengungkapkan pernah membagikan uang pemberian dari terpidana kasus suap dana hibah Pemerintah untuk KONI, Ending Fuad Hamidy kepada dua anak Imam Nahrawi yang berinisial IK dan DI.

Hal itu terungkap saat Ulum dihadirkan sebagai saksi pada sidang lanjutan kasus suap dana hibah di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Awalnya, Ulum ditanya oleh Jaksa penuntut umum KPK, apakah pernah menerima uang Rp2 miliar dari Ending Fuad Hamidy. Namun, hal itu dibantah.

 Baca juga: Imam Nahrawi Ungkap Selama 2018 Ada 20 Proposal KONI ke Kemenpora

menpora

Disisi lain, Ulum mengaku bahwa menerima uang sebesar Rp2 juta dari Hamidy. Menurutnya, uang itu diberikan ketika dirinya dan Hamidy sedang meminum kopi di Plaza Senayan pada tahun 2017 lalu.

"Saya minta uang kopi. Seingat saya dua juta," kata Ulum di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Dalam kegiatan ngopi bareng itu, Ulum menyebut bersama dengan dua orang bernama IKdan DI. Awalnya, dia menyebut, kedua orang itu merupakan adiknya.

 Baca juga: Soal Dana Hibah, Menpora Akui Berikan Disposisi Proposal dari KONI

Tetapi, ketika ditegaskan oleh Jaksa penuntut umum KPK mengenai sosok IK dan DI, Ulim akhirnya mengakui bahwa mereka adalah anak dari Imam Nahrawi.

"Anaknya pak Menteri, IK sama DI," ujar Ulum.

 Korupsi

Sementara itu, Ulum menegaskan bahwa uang sebanyak Rp2 juta itu setelah diterimanya, kemudian pada saat itu juga dibagi-bagikan kepada kedua anak dari Imam Nahrawi.

"Saya terima dan bagi bagikan kepada anak anak. (Saya tidak lapor pak Imam) saya anggap itu pribadi saya," tutup Ulum.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini