nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dampak Pernikahan Sedarah seperti di Bulukumba Menurut Psikolog

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 04 337 2074399 ini-dampak-pernikahan-sedarah-menurut-psikolog-7Tmc7XoxQ4.jpg Pernikahan sedarah di Bulukumba (Foto: Ist)

JAKARTA - ‎Seorang kakak asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Ansar (32) menikahi adik kandungnya sendiri yakni, Fitriani (20), beberapa waktu lalu. Pernikahan keduanya dilaksanakan di daerah Pontianak, Kalimantan Barat.

Pernikahan sedarah ini terungkap setelah istri sah Ansar, Hervina (28) melaporkan ke pihak kepolisian bahwa suaminya telah berselingkuh dengan adik kandungnya sendiri, Fitriani. Ansar menikahi Fitriani secara sembunyi-sembunyi yang saat ini, adik kandungnya itu sudah hamil empat bulan.

Baca Juga: Polisi Gali Keterangan Keluarga Pelaku Pernikahan Sedarah di Bulukumba

Menurut Psikolog Anak, Endang Widyorini mengatakan pernikahan sedarah sangat berbahaya. Sebab, dapat berdampak pada kecacatan anak yang akan dilahirkannya.

"Ada kemungkinan melahirkan anak cacat, probabilitas hingga 40 persen," kata Endang kepada Okezone, Kamis (4/7/2019).

Pernikahan

Endang membeberkan dari beberapa kasus pernikahan sedarah, anak yang dihasilkan dari pasangan tersebut akan mengalami kecacatan. Kecacatannya bisa berupa intelegensinya rendah hingga gangguan psikologis.

"Kecacatan bisa beberapa aspek perkembangan. Bisa intelegensinya rendah, fisik, atau psikologis lainnya," ujar Endang. 

Baca Juga: Pernikahan Sedarah Warga Bulukumba Minta Sepupunya Jadi Wali Nikah

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini