nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Joko Driyono Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 337 2074397 joko-driyono-jalani-sidang-tuntutan-hari-ini-vFsbIPdhtS.jpg Joko Driyono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) berencana menggelar sidang pembacaan tuntutan terhadap Pelaksana Tugas (Plt) ‎Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono (Jokdri) pada hari ini, Kamis (4/7/2019).

Jokdri akan dituntut oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait perkara dugaan ‎penghilangan atau perusakan barang bukti terkait kasus pengaturan skor sepakbola.

Sidang pembacaan tuntutan sendiri awalnya digelar pada Selasa 2 Juni 2019. Namun, surat tuntutan dari JPU dinyatakan belum final dan masih berupa draft sehingga ditunda hingga hari ini.

Baca Juga: Sidang Tuntutan Joko Driyono Kembali Ditunda hingga 4 Juli

Kuasa hukum Jokdri, Mustofa Abidin berharap tidak ada lagi penundaan terhadap pembacaan tuntutan. Demikian ditegaskan Mustofa usai mendampingi kliennya menjalani sidang pada Selasa 2 Juni 2019.

"Kami dari tim penasihat hukum berharap ini penundaan yang terakhir," kata Mustofa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 2 Juni 2019.

Joko Driyono

Dalam perkara ini, Jokdri didakwa bersama-sama dengan Muhamad Mardani Morgot alias Dan dan Mus Muliadi. Jokdri didakwa telah mengambil barang yaitu DVR Server CCTV dan satu unit laptop merek HP notebook 13 ‎warna silver yang sebagian atau seluruhnya merupakan penguasaan penyidik Satgas Antimafia Bola.

Baca Juga: Dakwaan JPU Kasus Joko Driyono Dinilai Belum Bisa Dibuktikan

Jokdri juga didakwa dengan dakwaan kedua yakni dengan sengaja menghancurkan, merusak,‎ serta menghilangkan barang-barang yang digunakan untuk meyakinkan atau membuktikan sesuatu di muka penguasa yang berwenang.

Atas perbuatannya, Jokdri dinilai bersalah melanggar Pasal 363 Ayat (1) ke-3 dan ke-4 KUHP, Pasal 235 Juncto Pasal 231, Pasal 55 (1) ke-1 KUHP, Pasal 235 Juncto Pasal 233 Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini