nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AOE 2019, Wiranto Terkesima Produk Unggulan Daerah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 337 2074144 aoe-2019-wiranto-terkesima-produk-unggulan-daerah-TtxyB5hWje.jpg Wiranto Buka AOE 2019 di JCC Senayan (Foto: Fahreza/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membuka gelaran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Acara rutin tahunan tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

"Saya datang ke sini mewakili bapak Presiden Jokowi," ucap Wiranto di lokasi, Rabu (3/7/2019).

Presiden Jokowi, kata Wiranto, mengimbau pemerintah daerah dapat berinovasi dalam perhelatan tahunan kali ini. Seluruh potensi yang dimiliki daerah mesti dikolaborasi agar menjadi satu produk nasional yang luar biasa.

"Ada kolaborasi dan mengkombinasikan kekhasan daerah. Beliau juga ingin penggunaan teknologi. Sekarang pemasaran tanpa digital saya kira juga ketinggalan," jelas Mantan Panglima ABRI itu.

(Baca Juga: Sosialisasi AOE di Batam, Apkasi Ajak Kabupaten Se-Indonesia Gaet Buyer dan Investor Luar Negeri)

Setelah membuka acara, Wiranto kemudian meninjau ratusan stand Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dari seluruh daerah yang ada. Wiranto terkesima terhadap produk lokal yang dipamerkan karena telah menunjukkan besarnya inovasi.

"Saya meninjau pameran, ternyata inovasi itu banyak sekali di daerah sudah muncul," tutur Wiranto.

Ketua Umum Apkasi, Mardani Maming, mengatakan dalam acara AOE 2019 ini pihaknya menyedikan 377 stand yang digunakan UMKM dari seluruh daerah untuk memamerkan produk unggulannya. Jumlah UMKM yang ikut meningkat dari tahun sebelumnya.

"Ada 377 stand sekarang, kalau dulu 300. Mudah-mudahan bisa lebih ramai dan cukup baik transaksinya," ungkap Mardani.

Mardani menuturkan, potensi daerah yang ditampilkan pada perhelatan kali ini haruslah berbasis digitalisasi dalam hal pemasaran. Hal tersebut sebagaimana arahan dari Presiden Jokowi.

"Memperkenalkan ciri khas daerah. Pak Presiden perintahkan digitalisasi," pungkas dia.

(kha)

Berita Terkait

AOE 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini