nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantah Kembalikan Dwifungsi ABRI, Ini Penjelasan Moeldoko soal Perpres 37/2019

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 11:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 02 337 2073522 bantah-kembalikan-dwifungsi-abri-ini-penjelasan-moeldoko-soal-perpres-37-2019-AzNzIHW7OC.JPG Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, penerbitan Pepres Nomor 37 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional TNI untuk mendistribusikan para perwira yang nonjob dan belum mempunyai jabatan. Pasalnya, selama ini jabatan yang ada di TNI miskin struktur namun kaya fungsi.

"Ya gitu. Bisa saja di lembaga pendidikan, itu secara struktur yang ada komandan dan wakil komandan. Itu bintang dua dan bintang satu. Tapi bisa saja secara fungsional, para orang-orang yang ahli di bidang itu di bidang mata pelajaran tertentu bisa saja di sana ditempatkan bintang," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Moeldoko menilai, pendistribusian para perwira TNI itu hanya sebatas pada posisi fungsional. Sehingga, Perpres tersebut bukan untuk menghidupkan kembali dwifungsi ABRI.

"Bisa saja di Sesko angkatan umpamanya dulu hanya dua bintang bisa saja nanti secara struktur memang dua bintang, tapi fungsionalnya bisa beberapa bintang ada di sana, itulah kira-kira pemahamannya di dalam internal TNI," kata dia.

Prajurit TNI

Mantan Panglima TNI itu menerangkan bahwa selain memberikan jabatan fungsional, nantinya para perwira yang nonjob bisa saja di tempatkan ke posisi sesuai dengan keahliannya. Dengan begitu, Perpres 37/2019 diharapkan bisa memangkas banyaknya perwira yang nonjob di tubuh TNI.

"Kalau di fungsional itu siapa saja bisa di situ, karena yang diperlukan adalah keahliannya, fungsi menduduki jabatan itu memberikan akselerasi terhadap organisasi atau tidak. Itu bisa dipertimbangkan oleh Presiden itu ya. Jadi, nanti kita lihat perkembangannya di lapangan seperti apa," ucap Moeldoko.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini