nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Melalui Instagram Rif_Opposite

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 15:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 01 337 2073178 polisi-tangkap-penyebar-hoaks-melalui-instagram-rif-opposite-TV8odcKTPp.jpg Polisi Gelar Jumpa Pers (Foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap penyebar informasi palsu atau Hoaks sekaligus pemilik akun Instagram Rif_Opposite. Dalam operasi ini, polisi menciduk satu pelaku berinisial MAM (45).

"Melakukan penangkapan terhadap tersangka di Pontianak, Kalimantan Barat. Tersangka adalah pemilik akun Instagram Rif_Opposite yang aktif melakukan unggahan gambar dan video hasil kreasinya sendiri," kata Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kombes Dani Kustoni dalam jumpa pers di Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7/2019).

Menurut Dani, tersangka sering menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkam rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA).

"Dan menyiarkan berita bohong yang menyebabkan keonaran di kalangan masyarakat," ujar Dani.

Dani menjelaskan, konten hoaks itu disebarkan oleh tersangka dalam bentuk gambar dan video-video yang dibuat dan versi narasinya sendiri.

Penyebar Hoax

Baca Juga: Sebar Hoax, Polri Minta Media Tak Jadikan Akun Opposite6890 sebagai Sumber Berita

Pelaku sendiri setelah diinterogasi, melakukan hal tersebut drngan tujuan untuk menghina pejabat pemerintahan, mantan Presiden, tokoh agama, institusi Polri, KPU dan lembaga survei.

"Pelaku mengaku kepada penyidik motivasinya membuat dan menyebarkan hoaks lantaran tidak suka dengan pemerintahan saat ini," ucap Dani.

Atas perbuatannya, pelaku disangka melanggar Pasal 14 ayat (1) (2) Jo Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahum 1946, Jo Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang ITE.

"Ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar," tutup Dani.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini