nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luruskan Informasi "Pelesiran" Idrus Marham, KPK Bakal Datangi Ombudsman

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 11:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 28 337 2072043 luruskan-informasi-pelesiran-idrus-marham-kpk-bakal-datangi-ombudsman-1WJWsE4K84.jpg Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati. (Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mendatangi kantor Ombudsman Republik Indonesia di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada hari ini. Kedatangan KPK untuk meluruskan informasi “pelesiran” terdakwa perkara suap kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1, Idrus Marham.

"KPK hari ini akan datangi Ombudsman sebagai bentuk sikap menghargai pelaksanaan tugas Ombudsman," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati melalui pesan singkatnya, Jumat (28/6/2019).

Menurut Yuyuk, pihaknya akan membawa sejumlah dokumen untuk meluruskan adanya informasi “pelesiran” Idrus Marham kepada Ombudsman. Salah satunya dokumen penetapan pengadilan yang mengizinkan Idrus Marham berobat di rumah sakit di luar KPK.

"Beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti penetapan pengadilan dan dokumen lain terkait dengan waktu keluar Idrus dari Rutan (Pukul 11.06) jika dbutuhkan akan disampaikan," ucapnya.

"Hal ini sekaligus penegasan kembali bahwa informasi yang disampaikan pihak perwakilan Ombudsman Jakarta Raya kemarin saat konferensi pers keliru dan terburu-buru. Di saat proses klarifikasi secara lengkap belum dilakukan, Ombudsman telah merilis temuan dan membuat kesimpulan yang prematur," tutur Yuyuk.

Idrus Marham ditahan KPK. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Sekadar informasi, KPK memprotes informasi yang dipublikasikan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Jakarta terkait adanya ‎pelesiran terdakwa perkara dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek PLTU Riau-1, Idrus Marham. KPK menganggap Ombudsman terlalu cepat mengambil kesimpulan sepihak.

Berdasarkan informasi yang dinyatakan Ombudsman, Idrus terpergok sedang berada di Gedung Citadane daerah sekitaran Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 21 Juni 2019, sekira pukul 12.00 WIB. KPK membantah ihwal informasi tersebut.

Kekeliruan yang dipublikasikan Ombdusman, menurut KPK, yakni adanya kesimpulan dengan menyatakan bahwa Idrus berada di luar Rutan selama waktu tertentu tanpa dasar yang jelas. ‎KPK melihat ada ketidaksesuaian data dan kesimpulan yang disampaikan Ombudsman.


Baca Juga : KPK Protes Ombudsman soal Informasi 'Menyesatkan' Plesiran Idrus Marham

KPK menyatakan keluarnya berobatnya Idrus Marham sesuai dengan keputusan pengadilan yang berlandaskan pada ketetapan hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor: 260/Pen.Pid/TPK/2019/PT.DKI.

Penetapan tersebut berbunyi mengabulkan permohonan dari tim penasehat hukum terdakwa Idrus Marham untuk melakukan pemeriksaan kesehatan diluar rumah tanahan negara, yaitu ke Dokter Spesialis Gigi Rumah Sakit Metropolitan Centre (MMC) Jakarta pada Jumat, 21 Juni 2019 sampai dengan selesai.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini