nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Tugas Negara, Jokowi Batal Hadiri Halal Bihalal dengan Relawan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 23:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 26 337 2071368 ada-tugas-negara-jokowi-batal-hadiri-halal-bihalal-dengan-relawan-MJpJvLfPpq.jpg Halal bihalal relawan Jokowi-Maruf Amin

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak batal menghadiri acara halal bihalal dengan relawan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Ribuan relawan yang hadir banyak yang dirundung kekecewaan.

Relawan yang tergabung dalam Forum Relawan Jokowi (FRJ) merupakan organ besar pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Mereka sengaja datang sejak pagi untuk bisa halal bihalal dengan Jokowi.

Protokol kepresidenan dan pasukan pengamanan presiden (paspampres) sempat terlihat bersiap-siap di lokasi acara. Namun, Jokowi tak kunjung datang, hanya diwakili Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Halal bihalal relawan Jokowi

Ketua Panitia Halal Bihalal Andi Gani Nena Wea mengatakan, sangat memahami kekecewaan relawan karena ketidakhadiran Jokowi. "Karena banyak dari mereka datang dan menyiapkan diri sejak jauh hari," katanya kepada wartawan, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Kabar ketidakhadiran Jokowi mendadak menjelang acara dimulai. Moeldoko dan Budi Karya pun menemui para pimpinan organ relawan untuk memberikan penjelasan.

Ungkapan kecewa dilontarkan Susi, salah seorang relawan yang datang dari Tangerang lantaran gagal bertemu Jokowi. Ia merasa halal bihalal ini menjadi anti-klimaks tanpa kehadiran suami Iriana itu.

"Kami sudah sewa bus langsung dari Tangerang. Tadinya dijanjikan datang eh malah nggak datang," katanya.

(Baca Juga: Ribuan Relawan Akan Halal Bihalal dengan Jokowi di Senayan)

Menurut Susi, biasanya keamanan diperketat ketika Jokowi akan hadir. Namun, ia melihat situasi pengamanan di lokasi biasa saja. Susi tak datang sendiri melainkan bersama rombongan.

Moeldoko mengaku memahami kekecewaan para relawan. Namun, perlu diketahui kalau Jokowi sedang ada tugas negara yang sangat penting sehingga tidak bisa hadir.

Ditambah besok akan ada keputusan penting yang akan menentukan masa depan bangsa. Semuanya dimohon memahami situasi tersebut.

"Kami memahami rasa kecewa teman-teman semuanya karena beliau (Jokowi) tidak hadir," katanya.

Moeldoko pun menyampaikan, Jokowi menitip ucapan terima kasih kepada para relawan yang telah bekerja keras memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Terima kasih kepada seluruh relawan yang telah bekerja, sehingga kemenanvan beliau seperti yang rekan-rekan inginkan," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini