nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK : Indonesia Punya Peran Penting dalam Menjaga Perdamaian Dunia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 18:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 25 337 2070782 jk-indonesia-punya-peran-penting-dalam-menjaga-perdamaian-dunia-9Cx4NjvNU1.jpg JK saat menghadiri acara pembukaan "Mempersiapkan Angkatan Bersenjata Modern untuk Misi Pemeliharaan Perdamaian di Abad Ke-21" di Jakarta, Selasa (25/6/2019). (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut, Indonesia mempunyai peran penting dalam menjaga perdamaian dunia. Hal itu terhitung sejak 1957, Indonesia telah mengirimkan 38 ribu pasukan penjaga perdamaian PBB.

"Saat ini, Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara pengirim pasukan pemelihara perdamaian PBB, baik militer maupun polisi," kata JK saat menghadiri pembukaan acara 'Mempersiapkan Angkatan Bersenjata Modern untuk Misi Pemeliharaan Perdamaian di Abad ke-21' di Hotel Borobudur, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).

Menurut dia, rekam jejak itu menjadikan Indonesia sebagai diplomasi dalam menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas dunia.

"Pasukan perdamaian juga telah menghantarkan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk periode 2019-2020," ujarnya.

JK saat menghadiri acara pembukaan Mempersiapkan Angkatan Bersenjata Modern untuk Misi Pemeliharaan Perdamaian di Abad ke-21' di Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019). (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

Tak hanya itu, lanjut JK, Indonesia pun juga berkontribusi dalam forum multilateral pengambil kebijakan. Kata dia, sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB bulan Mei yang lalu, Indonesia telah menyelenggarakan Sidang Terbuka berjudul Menabur Benih Perdamaian.

"Pertemuan tersebut merupakan wujud kontribusi Indonesia dengan pemanfaatan modal politis yang kami tengah miliki sebagai anggota DK PBB. Pernyataan tersebut adalah pertama kalinya DK PBB mengakui relevansi Action for Peacekeeping (A4P) yang diluncurkan Sekjen PBB untuk memperkuat misi pemeliharaan perdamaian PBB," katanya.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Madya (Laksdya) Siwi Sukma Adji acara 'Mempersiapkan Angkatan Bersenjata Modern untuk Misi Pemeliharaan Perdamaian di Abad ke-21' di Jakarta, (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Madya (Laksdya) Siwi Sukma Adji mengatakan, dalam kegiatan konferensi ini hadir delegasi dari 29 negara sebagai peserta dan 1 organisasi regional pada konferensi yang diselenggarakan atas kerja sama TNI dan Palam Merah Internasional (PMI).

"Selain itu juga hadir pembicara-pembicara yang merupakan tokoh-tokoh internasional di bidang misi perdamaian dunia," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi positif Indonesia dan seluruh negara untuk dunia yang lebih damai dan sejahtera.

“Dunia yang damai dan sejahtera tidak hanya menjadi dambaan kita semua, melainkan pula warisan dan hak bagi anak cucu kita di masa mendatang,” ujar dia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini